Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 1)

oleh -176 views

Zetizen Radar Cirebon – Jamur memiliki banyak sekali spesies, perkirakan jumlahnya mencapai 1,5 juta spesies dan hanya beberapa persen saja yang baru terklasifikasi. Tentunya, beragam jamur tersebut sangat cantik dan juga eksotis. Bentuk jamur bermacam-macam, begitupun dengan ragam ukurannya mulai dari yang kecil hingga sedang.

Jamur sendiri lebih berkerabat dengan hewan daripada tumbuhan. Karena terdapat struktur genetik yang lebih mirip hewan dan anatominya yang tidak dapat berfotosintesis layaknya tumbuhan.
Namun menurut taksonomi, jamur memiliki pengklasifikasian tersendiri layaknya hewan dan tumbuhan. (Susan)

Baca juga : Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 2)

Baca juga : Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 3)

Berikut adalah ragam jamur paling eksotis (part 1) :

• Hydnellum peckii

Hydnellum peckii
Source by pinterest

Memiliki sebutan lain yaitu jamur gigi berdarah. Jamur Hydnellum peckii tidak dapat dimakan, bukan karena beracun melainkan karena jamur ini memiliki rasa yang pahit. Hydnellum peckii tersebar di Amerika Utara, Eropa, Iran, dan Korea.

• Amanita Muscaria

Amanita Muscaria
Source by pinterest

Jamur inilah yang paling sering diilustrasikan. Oleh sebab itu, pastinya kamu tak asing lagi dengan bentuknya yang khas ini.
Jamur ini terkenal sangat beracun. Bahkan apabila kita menghirup jamur ini saja dapat menimbulkan gejala seperti diare, vertigo, koma, muntah dan bahkan beberapa efek lainnya. Akibat adanya senyawa yang terkandung dalam jamur ini, seperti senyawa asam ibotenat dan muscimol yang bersifat halusinogen dapat mempercepat gangguan sistem saraf, jantung, mulut kering, dan halusinasi.

Amanita Muscaria dapat kita temukan di seluruh penjuru dunia karena jamur ini mampu tumbuh di berbagai suhu, bahkan suhu dingin seperti di kutub sekalipun.
Jamur ini memiliki berbagai warna mulai dari merah terang, jingga, kuning, hingga putih. Dengan ciri khasnya yang memiliki bercak-bercak putih di kepalanya.

• Aseroe rubra

Aseroe rubra
Source by pinterest

Jamur ini tersebar luas di Australia. Sang ahli botani asal Prancis bernama Jacques Labillardière menamainya dengan nama dari bahasa Yunani kuno dan bahasa Latin. Asē /αση yang berarti ‘jijik’, roē /ροη yang berarti ‘jus’, dan ruber yang berarti ‘merah’.

Bentuknya mirip dengan bintang laut. Memiliki sebutan lain sebagai Anemone stinkhorn. Aseroe rubra umumnya tidak dimakan karena kelangkaannya dan juga karena aromanya yang sungguh pekat, terlebih lagi ia berbau busuk seperti aroma kotoran dan bangkai. Meskipun begitu, aroma yang ia keluarkan memiliki fungsi, yaitu untuk menarik lalat hinggap dan menyebarkan spora.

Baca juga : Hati-hati Ini Bahaya Jamur Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.