Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 2)

oleh -82 views

Zetizen Radar Cirebon – Jamur memiliki banyak sekali spesies, perkirakan jumlahnya mencapai 1,5 juta spesies dan hanya beberapa persen saja yang baru terklasifikasi. Tentunya, ragam jamur tersebut sangat cantik dan juga eksotis. Bentuk jamur bermacam-macam, begitupun dengan ukurannya mulai dari yang kecil hingga sedang.

Jamur sendiri lebih berkerabat dengan hewan daripada tumbuhan. Oleh karena itu, terdapat struktur genetik yang mirip hewan dan anatominya tidak dapat berfotosintesis layaknya tumbuhan. Namun menurut taksonomi, jamur memiliki pengklasifikasian tersendiri layaknya hewan dan tumbuhan.(Susan)

Baca juga : Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 1)

Baca juga : Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 3)

Berikut adalah ragam jamur paling eksotis (part 2) :

• Lactarius indigo

Lactarius indigo
Source by Wikipedia

Nama indigo pada jamur ini tersebab akibat warna pada jamur yang berwarna biru tua atau lebih keunguan. Biasanya terkenal lebih ke arah warna nila.

Siapa sangka, rupanya jamur ini dapat dikonsumsi, loh! Sering kali mereka dimakan di negara Meksiko dan China. Umumnya mereka tumbuh di hutan liar yang gelap dan lembab seperti di Asia Timur, dan Amerika Tengah. Jamur ini dapat hidup secara berkelompok ataupun hidup sendiri di dasar kayu yang tumbuhannya berdaun lebar.

Lactarius Indigo memiliki getah putih yang apabila ia terbelah atau tubuhnya rusak maka getah putih tersebut akan keluar.

• Clavaria zollingeri

Clavaria zollingeri
Source by Wikipedia

Lebih terkenal dengan sebutan jamur koral ungu. Clavaria zollingeri memiliki rasa mirip dengan lobak atau mentimun. Beberapa laporan mengatakan bahwa jamur ini dapat dikonsumsi dalam jumlah yang kecil. Terlebih lagi ada yang meyakini bahwa jamur ini memiliki efek pencahar.

Jamur ini dapat hidup secara menyendiri maupun berkelompok di tanah berumput, di dekat pohon kayu keras atau dekat dengan lumut.
Clavaria zollingeri tersebar dengan cukup luas. Yakni berada di Australia, Selandia Baru, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Asia (Brunei, India, dan Korea)

• Clavulinopsis corallinorosacea

Clavulinopsis corallinorosacea
Source by Wikipedia

Memiliki persebaran di Australia dengan jangkauan geografis seluas 340.000 km² dan Selandia Baru dengan jangkauan sebesar 170.000 km². Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan bahwa keberadaan jamur ini di jangkauan yang lebih besar. Karenakan bentuk tubuh jamur ini yang cukup kecil dan mungkin saja dapat berada di hutan-hutan di Australia maupun kawasan hutan lainnya.

Baca juga : Manfaat Jamur Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.