Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 3)

oleh -219 views

Zetizen Radar Cirebon – Jamur memiliki banyak sekali spesies, perkirakan jumlahnya mencapai 1,5 juta spesies dan hanya beberapa persen saja yang baru terklasifikasi. Tentunya, ragam jamur tersebut sangat cantik dan juga eksotis. Bentuk jamur bermacam-macam, begitupun dengan ukurannya mulai dari yang kecil hingga sedang.

Jamur sendiri lebih berkerabat dengan hewan daripada tumbuhan. Oleh karena itu, terdapat struktur genetik yang mirip hewan dan anatominya tidak dapat berfotosintesis layaknya tumbuhan. Namun menurut taksonomi, jamur memiliki pengklasifikasian tersendiri layaknya hewan dan tumbuhan. (Susan)

Berikut adalah ragam jamur paling eksotis (part 3) :

• Rhodotus palmatus

Rhodotus palmatus
Source by pinterest

Rhodotus palmatus bersifat saprobik, yang artinya memperoleh nutrisi dari bahan organik yang membusuk. Tumbuh dengan menyebar atau berkelompok dalam kelompok kecil pada kayu keras yang sudah membusuk. Seperti kayu basswood, maple, dan elm. Jamur ini lebih menyukai hidup di kayu gelondongan yang berada di dataran rendah pada daerah yang sering tergenang air dan mendapat sedikit sinar matahari.

• Gyromitra esculenta

Gyromitra esculenta
Source by pinterest

Merupakan jamur yang bentuknya mirip seperti otak. Jamur ini merupakan jamur yang beracun, karena mengandung zat karsinogen. Karsinogen sendiri adalah zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Meskipun beracun dalam keadaan yang masih mentah, apabila memasaknya dengan benar jamur ini layak untuk menjadi santapan. Bahkan dibeberapa negara jamur ini menjadi makanan yang relatif populer. Meskipun begitu, ada pula beberapa negara yang melarang peredaran jamur ini untuk dikonsumsi mengingat tentang risiko dari bahaya yang timbul karenanya.

• Chlorociboria

Source by pinterest

Jamur ini merupakan satu-satunya genus dalam keluarga Chlorociboriaceae. Untuk spesies Chlorociboria aerugnascens dan Chlorociboria aeruginosa hanya dapat membedakannya dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop. Pemeriksaan tersebut lebih mengarah pada pemeriksaan spora.

Chlorociboria aeruginosa memiliki spora yang jauh lebih besar, sedangkan Chlorociboria aerugnascens memiliki spora yang ukurannya lebih kecil.

Ciri umum dari Chlorociboria ialah memiliki tubuh yang kecil, berbentuk seperti piring, dan berwarna hijau kebiruan. Oleh sebab itu ia terkenal dengan nama green elfcup atau green wood cup. Biasanya ia sering kali terlihat pada kayu.

• Strobilomyces strobilaceus

Source by Instagram

Jamur ini merupakan jamur asli dari Eropa dan Amerika Utara. Lebih terkenal dengan sebutan old man of the woods.

Strobilomyces strobilaceus memiliki warna abu-abu yang cukup gelap dan memiliki sisik di bagian permukaan topinya. Jamur ini dapat kita temui dengan menyendiri ataupun berkelompok pada pegunungan rendah, khususnya di pegunungan Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Jamur ini muncul antara bulan Agustus dan Oktober. Spesimen jamur ini dapat dimakan, tetapi rasanya tidak terlalu enak.

Baca juga : Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 1)

Baca juga : Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.