Kenapa Orang Menilai Berdasarkan Penampilan ?

oleh -169 views
menilai orang berdasarkan penampilan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kebanyakan orang mengklaim bahwa mereka tidak membuat penilaian tentang orang berdasarkan penampilan, dan kebanyakan orang yang mengatakan itu berbohong. ‘Kesan pertama’ menjadi istilah karena suatu alasan. Penampilan menjadi hal nomor wahid saat menyangkut cara pandang orang lain. (herdi)

Semua orang tahu penampilan penting dalam kesan pertama, dan kesan pertama di hitung secara keseluruhan, itulah mengapa lebih baik memakai dasi untuk wawancara kerja daripada piyama tetapi seberapa banyak orang benar-benar dapat menceritakan tentang orang lain berdasarkan aspek fisik, selain dari apakah atau tidak mereka mengenakan piyama bukan dasi atau jika mereka terlihat seperti George Clooney?

Menilai Baik Buruknya Orang Berdasarkan Penampilan

Sebuah studi tahun 2009 meneliti keakuratan penentuan pengamat tentang 10 ciri kepribadian orang hanya berdasarkan foto seluruh tubuh. Ketika postur dan ekspresi target di batasi-kondisi standar, di mana foto di ajukan sesuai spesifikasi peneliti – penilaian pengamat akurat untuk ekstroversi, harga diri, dan bahkan religiusitas.

Ketika subjek di foto dengan pose dan ekspresi wajah apa pun yang mereka inginkan. Kondisi spontan penilaiannya akurat untuk hampir semua 10 ciri yang di periksa. Analisis model lensa, yang menggambarkan bagaimana orang memandang kriteria yang tidak dapat di amati (distal) melalui isyarat yang dapat di amati (proksimal). Dalam istilah statistik, menghasilkan kesimpulan bahwa isyarat statis, seperti gaya pakaian, dan isyarat dinamis. Seperti ekspresi wajah dan postur, membantu orang menyimpulkan informasi yang relevan dengan kepribadian yang akurat.

Jadi ‘pakaian membuat pria’, seperti kata pepatah. Anda berpakaian seperti orang yang Anda inginkan dan pengamat menggunakan informasi ini untuk membentuk penilaian yang akurat untuk berbagai sifat.

Artinya, Anda dapat mengubah cara orang memandang kepribadian Anda dan mungkin kepribadian Anda sendiri. Lagi pula, jika Anda ingin di perlakukan seperti orang kaya, cerdas, dan Anda berpakaian seperti itu. Dan orang-orang memperlakukan Anda seperti itu, pada akhirnya itu akan menjadi bagian dari citra dirimu siapa kamu.

Ingin bereksperimen? Berpakaian seperti gelandangan dan berkeliaran di jalan-jalan kota dan orang-orang mungkin salah tentang keramahan, stabilitas emosional, keterbukaan, di sukai. Tetapi mereka tidak salah dalam membuat keputusan itu – kebanyakan gelandangan tidak melakukan eksperimen.

“Seperti yang kami prediksi, penampilan fisik berfungsi sebagai saluran di mana kepribadian di manifestasikan,” kata para penulis. “Dengan menggunakan foto seluruh tubuh dan memeriksa berbagai ciri, kami mengidentifikasi domain akurasi yang telah di abaikan, yang mengarah pada kesimpulan bahwa penampilan fisik mungkin memainkan peran yang lebih penting dalam penilaian kepribadian daripada yang di perkirakan sebelumnya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *