Komunitas Sukarelawan Cirebon: Membantu Sesama dengan apa yang Ada

oleh -110 views
Komunitas Sukarelawan Cirebon

ZETIZEN RADAR CIREBON- Di saat yang sulit seperti masa pandemi saat ini, manusia pastinya membutuhkan orang lain untuk dapat membantunya. Di Kota Cirebon sendiri, sudah ada banyak sekali perkumpulan anak muda yang siap untuk membantu masyarakat dengan sukarela. Contohnya adalah Komunitas Sukarelawan Cirebon atau yang biasa orang sebut dengan KSC.

Komunitas Sukarela Cirebon

Komunitas Sukarelawan Cirebon ini bisa terbilang memiliki umur yang sangat muda karena baru terbentuk sejak September 2020 kemarin. Namun walaupun begitu, jiwa sosial yang mereka miliki tidak kalah dengan komunitas sosial yang sudah berdiri sejak lama.

Seperti tujuan dari berdirinya komunitas ini yakni sebagai tempat atau wadah bagi para pemuda pemudi Cirebon khususnya yang ingin berbagi dalam bidang sosial. Selain itu, alasan mereka bergerak di bidang sosial sendiri karena melihat dari perkembangan teknologi yang sekarang para pemuda-pemudi lebih menjadi orang yang individualisme.

“Dengan perkembangan teknologi sekarang yang kami rasa, ada para pemuda-pemudi dengan adanya teknologi jadi muncul rasa individualisme atau kurang peka. Maka dari itu kami mengajak khususnya bagi para pemuda-pemudi Cirebon agar kita berbagi kepada masyrakat Cirebon yang membutuhkan walaupun hal tersebut terbilang kecil ataupun tidak seberapa,” ujar Agung Kurniawan selaku ketua dari KSC.

Jumat Berbagi

Kegiatan Rutin Jumat Berbagi (KSC Berbagi) – Dokumen Pribadi

Setiap minggunya, KSC mempunyai kegiatan rutin yakni Jumat Berbagi yang hingga kini masih berjalan. Kegiatan Jumat Berbagi itu sendiri yakni berbagi nasi box kepada para masyarakat seperti pengamen dan tukang parkir. Dana yang mereka dapatkan pun tidak sepenuhnya dari para donator.

“Pada awalnya saat kita membentuk jumat berbagi kita kesulitan dana, awalnya kita patungan sendiri dan kita ajak temen temen sendiri apapun dan berapapun kita terima. Dari pendapatan secara sukarela tersebut kita terima,”

Selain lewat donasi, KSC juga sempat mengadakan Preloved atau menjual baju bekas di area Car Free Day Bima sebelum pandemi untuk mendapatkan dana untuk Jumat Berbagi.

Kegiatan Penggalangan Dana Korban Bencana Alam di Indramayu – Dokumen Pribadi

Agung Kurniawan juga mengungkapkan suka duka dari perjalanan komunitas tersebut. Namun walaupun begitu, mereka pun menghadapi semua rintangan tersebut untuk satu tujuan yakni berbagi.

“Untuk sukanya, dalam setiap kegiatan yang sudah kita jalankan pasti mendapatkan relasi, ilmu baru dan pengalaman baru dari rekan-rekan yang ada. Untuk dukanya juga pastinya ada mulai dari hambatan khususnya secara internal yakni dari segi sudut pandang. Namun walaupun begitu saya bangga karena hingga sekarang masih bisa diberikan kelancaran untuk melakukan kegiatan sosial,” tuturnya.

Di akhir perbincangan, Agung menyampaikan harapan agar kedepannya selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dari Tuhan.

“Semoga KSC bisa langgeng, bisa diberikan kemudahan dan diberkahi oleh tugas juga setiap program dapar diberi kelancaran dan kemudahan. Selain itu, kami jua bergarap agar target kita kedepannya dapat tercapat seperti mempunyai base camp sendiri dan juga donatur tetap juga relawan untuk ikut berkontribusi dalam setiap kegiatan kita,” tutupnya.

Baca artikel lainnya mengenai Mengenal Tentang Avoidant Personality Disorder (AVPD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.