Lebih Sehat Mana Putih Telur atau Kuning Telur?

oleh -244 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Telur terkenal dengan sumber protein yang tinggi dengan seidkit kalori. Meskipun telur memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Seringkali timbul perdebatan mana yang lebih sehat antara putih telur atau kuning telur. Tahukah kamu kalau telur memiliki kandungan kolin yang bermanfaat untuk tubuh namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh sesuai kebutuhan. Daripada bingung kita bahas satu persatu lebih sehat mana putih telur atau kuning telur di bawah ini. (tika)

Pertama kita bahas dulu apa saja sih manfaat kuning telur?

Vitamin yang banyak

Perlu kamu ketahui bahwa kuning telur mengandung banyak sekali vitamin dibandingkan putih telur. Mulai dari B6, folat, vitamin B, B12, A, D, E, dan K. Kuning telur juga mengandung vitamin D alami lho. Oh iya, vitamin-vitamin ini hanya bisa kamu temukan di kuning telur bukan putih telur.

Baik untuk kesehatan mata dan jantung

Kuning telur memiliki kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin yang berperan dalan meningkatkan kesehatan mata. Zat tersebut dapat menurunkan resiko yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak. Karotenoid juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi mata dari radikal bebas.

Kuning telur mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang berperan menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular. Sebuah studi dari University of North Carolina mengatakan bahwa asupan kolin pada kuning telur yang lebih tinggi pada wanita berisiko lebih kecil terkena Kanker payudara.

Kaya akan mineral

Selain mengandung vitamin yang berlimpah, kuning telur juga mengandun mineral yang tidak kalah banyak. Kuning telur dan putih telur masing masing memiliki 13 jenis macam mineral. Termasuk magnesium, zat besi, kalium, kalsium, natrium, dan selenium. Fungsi mineral adalah membangun pertahanan nutrisi dan menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur mengandung mineral yang lebih banyak daripada putih telur.

Setelah membahas manfaat kuning telur, yuk kita bahas manfaat putih telur berikut ini.

Rendah kalori

Telur termasuk makanan yang rendah kalori, umumnya dalma sebutir telur berukuran desar terdapat 71 kalori. Namun, apabila kamu mengonsumsi telur tanpa kuning telur, maka kamu sudah mengurangi kalori hingga 55 kalori.

Tidak memiliki kolesterol

Orang yang tidak mengalami masalah kesehatan dapat mengonsumsi maksimal 300mg kolesterol. Namun, bagi para penderita kolesterol tidak boleh lebih dari 200 mg perhari. Kabar baiknya, sebanyak 213 mg kolesterol terdapat di bagian kuning telurnya. Jadi, kamu tetap bisa mengonsumsi putih telur.

Mencegah hipertensi

Penelitian menunjukkan bahwa putih telur sangat bermanfaat untuk mencegah hipertensi. Karena putih telur mengandung peptida yang disebut RVPSL. Senyawa ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi dengan memblokir pemicu tekanan darah tinggi.

Setelah pemaparan tadi, baik kuning telur maupun putih telur sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kamu bisa mempertimbangkan sesuai kebituhan, alangkah baiknya apabila mengonsumsinya secara bersaman dan tidak berlebihan., jadi menurut kamu, lebih sehat mana putih telur atau kuning telur?

Baca juga :

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

5 Vitamin Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.