Makanan Khas Saat Lebaran Idul Adha

oleh -151 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada hari Selasa (20/7/2021) ini umat muslim merayakan haru raya idul adha. Hari raya idul adha juga identik dengan berkurban sapi atau kambing. Nah, biasanya setelah sholat dan pemotongan hewan kurban, mereka menyantap sajian dari daging. Kali ini kita akan membahas apa saja makanan khas saat lebaran idul adha yang mungkin bisa jadi referensi kamu saat merayakan idul adha. Yuk langsung kita bahas! (tika)

1. Rendang

Makanan pertama yang bisa kamu coba saat hari raya idul adha adalah rendang. Rendang memang populer dengan kelezatannya bukan hanya pada saat hari raya saja lho. Rendang juga pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, keren ya?! Kamu bisa mengolah daging sapi atau kambing menjadi rendang ketika hari raya idul adha ini.

2. Sate

Wah, kalau ini pasti sudah khas banget ya kalau lebaran idul adha. Rasanya kurang lengkap kalau tidak menyate bersama dengan keluarga tercinta. Kamu bisa membuat sate ini dari daging sapi atau kambing di rumah. Namun, jangan lupa untuk membakarnya hingga matang. Hal ini karena daging yang kurang matang beresiko membawa penyakit toxoplasmosis.

3. Sop buntut

Selanjutnya kamu bisa menikmati olahan daging kurban menjadi hidangan berkuah misalnya sop buntut. Sop buntut ini menjadi hidangan yang sehat lho guys. Karena isi dari sop buntut ini terdiri dari daging beserta sayuran seperti kentang, wortel, seledri dan lainnya. Jangan lupa tambahkan penyedap rempah-rempah dan kaldu nya ya teman.

4. Gulai

Selanjutnya, kamu juga bisa membuat olahan dari daging menjadi hidangan yang lezat ini yaitu gulai. Masyarakat di sumatera mengenalnya dengan nama gulai, sementara di Jawa familiar menyebutnya gule. gulai ini merupakan olahan daging sapi atau kambing dengan kuah berempah yang memiliki citarasa yang gurih. Sedangkan gule lebih cair dan menggunakan santan.

5. Bakso

Bakso adalah salah satu makanan yang banyak sekali penggemarnya. Kamu bisa menggunakanbdaging kurban menjadi bakso lho. Kamu bisa membuat bakso dengan kuah yang sedap dan gurih. Atau kamu juga bisa membuat bakso dan menyajikannya bersama tahu, siomay, dan lain-lain. Sesuaikan penyajiannya sesuai selera kamu ya.

Nah, itulah makanan khas lebaran idul adha yang bisa kamu coba nih bersama keluarga di rumah saja.

Baca juga:

Makanan yang Perlu Kamu Hindari Setelah Berolahraga

Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Mandi

Manfaat Alpha Arbutin dalam Kandungan Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *