Malas Membaca Buku? Ini Hal yang Akan Terjadi

oleh -132 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tidak bisa kita pungkiri bahwa membaca buku merupakan sebuah hal yang dapat membuat seseorang menjadi lebih berkualitas. Apalagi jika hal tersebut dilakukan secara rutin, pola pikir orang tersebut pasti akan menjadi menakjubkan. Namun pada kenyataannya tidak semua orang mau melakukan hal itu. (cva)

Memang sih membaca buku merupakan hal yang cukup membosankan, namun mau tidak mau kamu wajib melakukannya. Ada beberapa dampak buruk jika kamu tidak mau membaca. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan ini.

1. Kamu akan susah menemukan topik obrolan

Dalam bersosial, mengobrol merupakan sebuah hal yang tidak bisa terhindarkan. Dengan adanya hal tersebut, kamu dituntut untuk bisa mengajak orang lain mengobrol ataupun sebaliknya. Kamu harus bisa menemukan topik obrolan sehingga kalian berdua menjadi nyambung.

Namun hal itu akan sulit kamu lakukan jika kamu jarang membaca buku. Kamu pasti akan sangat kesusahan untuk menemukan topik apa yang pas agar lawan bicara menjadi tertarik. Oleh karena itu mulai sekarang biasakan diri untuk membaca, ya!

2. Kamu akan menjadi orang yang kurang mahir dalam melakukan public speaking

Public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum merupakan sebuah skill yang wajib kamu miliki. Hal tersebut dapat membantumu untuk memuluskan kariermu sebab banyak orang yang membutuhkan kemampuan seperti itu. Dengan adanya hal itu, kamu harus terus-terusan melatihnya agar menjadi mahir. Namun hal itu gak akan terealisasi jika kamu jarang membaca buku. Hal itu karena kamu pasti akan kesusahan memilih kosa kata mana yang tepat.

3. Pengetahuanmu akan terbatas

Tak dapat kita pungkiri bahwa buku merupakan sumber dari segala ilmu. Apa jadinya jika kamu tak mau membaca? Pengetahuanmu pun akan menjadi terbatas sehingga hal tersebut akan mempengaruhi keberlangsungan hidupmu.

Baik dari segi sosial maupun karier, pengetahuan yang luas akan mendongkrak kualitasmu. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk terbiasa membaca meskipun hal tersebut sangatlah sulit.

4. Kamu akan susah menjadi orang yang punya daya nalar kritis

Memiliki daya nalar kritis akan membuatmu tidak mudah tertipu. Salah satu cara untuk memantik hal tersebut adalah dengan rajin membaca buku. Coba bayangkan jika kamu tak pernah mau membaca, lantas bagaimana pola pikirmu bisa terbentuk? Kamu harus melakukan hal tersebut agar bisa memilih mana saja yang baik ataupun buruk.

5. Kamu akan susah menanggapi omongan orang lain

Selain menentukan topik, kamu pasti akan susah menanggapi omongan orang lain jika gak mau membaca buku. Hal itu karena pengetahuanmu yang cenderung terbatas sehingga kepercayaan dirimu untuk menanggapinya pun berkurang.

Dengan adanya hal tersebut, kamu akan susah melakukan kontak sosial sehingga banyak orang yang bakal menjauhimu. Selagi belum terlambat, bacalah buku meskipun itu hanya satu lembar per hari.

Membiasakan diri untuk bisa membaca buku memang bukan perkara mudah. Namun pola pikirmu harus terus diasah dengan cara membaca buku, lho sob! Hal itu akan membuat kualitasmu pun ikut bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *