Manajemen Stres! Tips Mengelola Emosi dan Stres

oleh -187 views
Manajemen stres

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meskipun tampaknya tidak ada yang dapat di lakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja dan di rumah, ada beberapa langkah yang dapat di ambil untuk meredakan tekanan dan mendapatkan kembali kendali. Untuk mengatahui itu Kamu harus paham dengan manajemen stres. (herdi)

Pentingnya Manajemen Stres

Jika Kamu hidup dengan tingkat stres yang tinggi, Kamu membahayakan seluruh kesejahteraanmu. Ini mempersempit kemampuan untuk berpikir jernih, berfungsi secara efektif, dan menikmati hidup. Sepertinya tidak ada yang bisa di lakukan untuk mengatasi stres. Tagihan tidak akan berhenti datang, tidak akan pernah ada lebih banyak jam dalam sehari, dan tanggung jawab pekerjaan dan keluarga akan selalu menuntut. Tetapi Kamu memiliki lebih banyak kendali daripada yang di kira.

Manajemen stres yang efektif membantumu mengatasi stres dalam hidupmu, sehingga Kamu bisa lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. Tujuan utamanya adalah kehidupan yang seimbang, dengan waktu untuk bekerja, hubungan, relaksasi, dan kesenangan dan ketahanan untuk bertahan di bawah tekanan dan menghadapi tantangan secara langsung. Tetapi manajemen stres bukanlah satu ukuran untuk semua. Itulah mengapa penting untuk bereksperimen dan mencari tahu apa yang paling cocok untukmu. Kiat-kiat manajemen stres berikut dapat membantumu melakukannya.

Identifikasi sumber stres dalam hidup

Manajemen stres dimulai dengan mengidentifikasi sumber stres dalam hidupmu. Ini tidak sesederhana kedengarannya. Meskipun mudah untuk mengidentifikasi penyebab stres utama seperti berganti pekerjaan, pindah, atau mengalami perceraian, menentukan dengan tepat sumber stres kronis bisa lebih rumit.

Terlalu mudah untuk mengabaikan bagaimana pikiran, perasaan, dan perilakumu sendiri berkontribusi pada tingkat stres sehari-hari. Tentu, Kamu mungkin tahu bahwa  terus-menerus khawatir tentang tenggat waktu kerja, tetapi mungkin penundaanmu, bukan tuntutan pekerjaan yang sebenarnya, yang menyebabkan stres.

Untuk mengidentifikasi sumber stres yang sebenarnya, perhatikan baik-baik kebiasaan, sikap, dan alasan :

  • Apakah Kamu menjelaskan bahwa stres bersifat sementara (“Saya hanya memiliki sejuta hal yang terjadi sekarang”). Meskipun Kamu tidak dapat mengingat kapan terakhir kali mengambil nafas?
  • Apakah Kamu mendefinisikan stres sebagai bagian integral dari pekerjaan atau kehidupan rumahmu (“Segalanya selalu gila di sekitar sini”). Atau sebagai bagian dari kepribadianmu (“Saya memiliki banyak energi gugup, itu saja”)?
  • Apakah Kamu menyalahkan stresmu pada orang lain atau peristiwa di luar, atau melihatnya sebagai hal yang normal dan tidak biasa?

Sampai dapat menerima tanggung jawab atas peran yang Kamu mainkan dalam menciptakan atau mempertahankannya, tingkat stresmu  akan tetap berada di luar kendali.

Latih 4 Hal Manajemen stres

Sementara stres adalah respons otomatis dari sistem sarafmu. Beberapa pemicu stres muncul pada waktu yang dapat di prediksi perjalanan mu ke tempat kerja, pertemuan dengan atasanmu, atau pertemuan keluarga, misalnya. Saat menangani stresor yang dapat diprediksi seperti itu, Kamu dapat mengubah situasi atau mengubah reaksimu. Saat memutuskan opsi mana yang akan dipilih dalam skenario apa pun, ada baiknya memikirkan empat hal  ini : hindari, ubah, adaptasi, atau terima.

Hindarilah hal yang membuatmu stres, ubah moodmu dan mood sekitar agar tidak membuatmu stres. Jika kamu tidak bisa mengubah mood mu atau menghindarinya maka beradaptasilah dengan sumber stresmu. Dan yang terakhir untuk meneria sumber stresnya, terkadang suatu hal memang tidak bisa di elakan dan ada baiknya untuk menerima. Dan untuk hasil yang lebih bagus, berbagilah dengan teman terpercaya.

Tetap Bergerak

Saat Kamu stres, hal terakhir yang mungkin ingin di lakukan adalah bangun dan berolahraga. Tetapi aktivitas fisik adalah pereda stres yang hebat  dan Kamu tidak perlu menjadi atlet atau menghabiskan berjam-jam di gym untuk merasakan manfaatnya. Latihan melepaskan endorfin yang membuatmu merasa baik, dan itu juga dapat berfungsi sebagai pengalih perhatian yang berharga dari kekhawatiran sehari-hari.

Meskipun Kamu akan mendapatkan manfaat maksimal dari berolahraga secara teratur selama 30 menit atau lebih. Tidak apa-apa untuk meningkatkan tingkat kebugaranmu secara bertahap. Bahkan aktivitas yang sangat kecil dapat bertambah selama satu hari. Langkah pertama adalah bangkit dan bergerak.

Baca Juga : Energy Management! Bukan Hanya Waktumu Tapi Energimu Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.