Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan

oleh -124 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Brotowali atau dengan nama latin Tinospora cordifolia yaitu jenis tanaman yang berbentuk semak merambat. Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk hati dan batang yang memiliki tonjolan kecil. Meskipun memiliki rasa yang pahit, brotowali memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini manfaat brotowali bagi kesehatan. (tika)

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Brotowali memiliki kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti antioksidan dan vitamin C. Meskipun begitu, kamu harus tetap menjaga kesehatan dengan memerhatikan pola makan yang baik, berolahraga secara teratur, serta istirahat yang cukup.

2. Mencegah kambuhnya gejala alergi

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa brotowali bisa mencegah kambuhnya gejala alergi. Seperti bersin,pilek, gatal-gatal, dan bentol. Namun hingga sekarang belum ada yang riset yang menunjukkan bahwa brotowali dapat menyembuhkanalergi, hanya saja dapat mengurangi gejalanya. Alergi hanya bisa kita cegah dengan menghindari faktor pemicunya.

3. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa riset menunjukkan bahwa brotowali dapat memperbaiki kinerja hormon insulin dan mencegah resistensi insulin. Hal ini membuat kadar gula darah menjadi stabil.  Namun perlu kamu ingat brotowali juga apabila dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menimbulkan efek samping berupa kerusakan hati dan hipoglikemia.

4. Membasmi bakteri dan jamur penyebab infeksi

Brotowali juga bermanfaat membasmi bakteri dan jamur yang menyebabkan infeksi. Hal ini karena brotowali memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Penelitian di laboratorium mengatakan bahwa brotowali dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi. Namun penelitian ini harus dilakukan lebih lanjut agar mendapatkan bukti yang lebih valid.

5. Memelihara kesehatan tulang

Selanjutnya brotowali juga dapat membantu memelihara kesehatan tulang. Brotowali memiliki kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya yang dapat mencegah penyakit pada tulang seperti osteoporosis dan osteoartritis. Selain mengonsumsi brotowali kamu perlu memenuhi asupan vitamin D dan berolahraga secara teratur agar hasil lebih terlihat dan optimal.

Nah, itu tadi manfaat brotowali bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Cobalah untuk mengonsumsi brotowali secara rutin agar mendapatkan manfaat untuk kesehatan.

Baca juga:

Rekomendasi Snacks Rendah Kalori

Manfaat Lilin Aromaterapi Bagi Kesehatan

Ini Penyebab Sering Lupa Tanpa Kamu Sadari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.