Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan

oleh -689 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tentu kamu sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, yaitu tanaman sirih. Tanaman ini seringkali memanfaatkan bagian daunnya sebagai pengobatan tradisional. Selain dapat berguna untuk kesehatan, daun sirih juga dapat bermanfaat untuk kecantikan. Terdapat dua jenis daun sirih yang populer di Indonesia yaitu daun sirih hijau (piper betle L.) dan daun sirih merah (Piper crocatum ruiz). Keduanya telah diteliti dan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kulit. Berikut ini manfaat daun sirih untuk kecantikan. (tika)

1. Mengobati jerawat

Manfaat yang pertama dari daun sirih adalah dapat mengobati jerawat, terutama daun sirih hijau. Daun sirih telah terbukti mengandung sifat antibakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat yaitu propiunibacterium acnes. Bakteri tersebut dapat menyebabkan jerawat apabila kelenjar keringat dan kelenjar sebasea menghasilkan air, asam amino, urea, garam, dan asam lemak yang dapat membuat kulit meradang.
Kamu bisa gunakan daun sirih ini dengan cara membuat rebusan air daun sirih sebanyak 20 mg/ml. Rebusan daun sirih ini mengandung flavonoid, tanin, dan saponin yang memiliki sifat antibakteri.

2. Mengatasi alergi

Selanjutnya daun sirih juga dapat membantu kamu mengatasi alergi dan rasa gatal di kulit. Caranya, kamu cukup menghancurkan beberapa lembar dau sirih dan ambil ekstrak jus nya. Kemudian, campurkan ekstrak tersebut dengan bubuk atau parutan kunyit. Setelah itu, kamu bisa oleskan daun sirih ini pada area yang alergi atau gatal gatal.

3. Menyembuhkan luka

Selanjutnya kamu bisa gunakan daun sirih terutama, daun sirih merah. Daun sirih merah memiliki kandungan flavonoid, saponin, alkaloid, polifenol, dan minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antibakteri. Kandungan saponin dalam daun sirih bermanfaat sebagai antiseptik yang dapat mempercepat penyembuhan proses luka yang dapat mencegah proses infeksi bakteri pada luka tersebut.

Nah itulah manfaat daun sirih untuk kecantikan. Perlu kamu ingat berhati-hatilah ketika ingin menggunakan masker atau bahan alami langsung yang dibuat sendiri. Kalau perlu kamu bisa berkonsultasi kepada dokter kulit kamu terlebih dahulu untuk mencegah iritasi atau alergi.

Baca juga:

Jenis Ikan Lokal yang Kaya Vitamin

Manfaat Minyak Lavender Bagi Kesehatan Kulit

Lebih Sehat Mana Putih Telur atau Kuning Telur?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.