Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

oleh -153 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tanaman melinjo atau dengan nama latin Gnetum gnemon ini berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Melinjo, terutama buahnya sering dijadikam sebagai pelengkap sayur asem. Ternyata bukan hanya daun dan buah melinjonya saja lho yang bermanfaat. Kulit buah melinjonya juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat kulit melinjo bagi kesehatan. (tika)

1. Menjaga kesehatan otak

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari kulit melinjo yang mungkin tidak disangka sangka yautu dapat menjaga kesehatan otak. Kulit melinjo mengandung mangan dapat membantu mencegah dan mengatasi radikal bebas. Mangan mengandung superoksida dismutase yang dapat melawan radikal bebas termasuk pada sistem saraf. Itulah mengapa kulit melinjo dapat memelihara kesehatan otak, karena mangan dapat mengikat neurotransmitter yang membuat otak bekerja dengan baik.

2. Merawat fungsi ginjal

Selain terdapat mangan, kulit melino juga mengandung fosfor yang dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Fosfor dalam kulit melinjo juga membantu mengeluarkan racun yang ada di organ ginjal. Namun, tetap jangan mengonsumsi makanan mengandung fosfor terlalu sering. Hal ini karena tingginya kadar fosfor dan kalsium dalam tubuh bisa mengalami penumpukan kalsium pada pembuluh darah, paru-paru dan jantung.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Kulit melinjo juga dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang. Hal ini karena kulit melinjo memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium kamu bisa menghindari risiko terkena osteoporosis. Ketika kita kekurangan kalsium dalam tubuh, hal ini dapat menyebabkan tulang yang melemah.

4. Mengurangi risiko stroke

Selanjutnya kulit melinjo juga dapat melindungi kamu mengurangi risiko stroke.  Kulit melinjo memiliki kandungan kalium yang baik untuk menjaga kesehatan otak.  Kalium berperan sebagai vasodilator dan melemaskan pembuluh darah di dalam tubuh sehingga dapat melancarkan aliran darah. Sebuah penelitian juga menunjukkan orang yang mengonsumsi sedikit kalium lebih beresiko terkena stroke.

Nah, itulah manfaat kulit melinjo bagi kesehatan yang bisa kamu coba. Kamu bisa mengonsumsinya dengan menholah menjadi emping, bahan untuk sayur asem, bahan tambahan dalam masakan laut, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Manfaat Lilin Aromaterapi Bagi Kesehatan

Ini Penyebab Sering Lupa Tanpa Kamu Sadari

Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Sosis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.