Memori Jangka Pendek Atau Short Memory Loss

oleh -74 views
short memory loss

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dilansir dari Live Science, memori jangka pendek adalah cara otak menyimpan sejumlah kecil informasi yang baru saja di rekamnya.Memori jangka pendek adalah informasi yang saat ini sedang di pikirkan atau di sadari seseorang. Ini juga di sebut memori primer atau memori aktif. (herdi)

Peristiwa terbaru dan data sensorik, seperti suara, di simpan dalam memori jangka pendek. Ingatan jangka pendek sering kali mencakup peristiwa dalam suatu periode mulai dari 30 detik hingga beberapa hari. Hilang ingatan jangka pendek terjadi ketika seseorang melupakan hal-hal yang baru saja di lihat, di dengar atau di lakukan. Ini adalah bagian normal dari bertambahnya usia bagi banyak orang.

Sebagian besar penurunan ketajaman ingatan terkait usia dapat meningkat saat Anda giat memelajari cara-cara baru untuk mempertajam keterampilan memori. Berikut adalah langkah demi langkah untuk memperkuat ingatan Anda:

Amati dengan baik

Tumbuhkan minat aktif terhadap apa yang Anda ingin ingat, dan pikirkan terus. Gunakan semua indera Anda. Misalnya, Anda ingin mengingat untuk membeli pisang di supermarket. Bayangkan seperti apa harum buahnya, bentuk dan tekstur buah saat di pegang, hingga petakan jalur Anda masuk dari pintu utama menuju tempat buah. Begitu pula saat berkenalan dengan orang baru — ingat-ingat seperti apa wangi parfumnya, seperti apa suaranya, karakteristik unik dari kebiasaan atau perawakan fisiknya, dst.

Pelajari setiap informasi baru dengan melihat detail dengan lebih dekat, mencium, menyentuh, dan mendengarkan dengan lebih teliti. Di sisi lain, otak Andalah yang harus memilih apa yang harus di ingat. Jangan berikan pilihan untuk menyaring apa yang ingin Anda ingat. Biarkan semua informasi yang Anda teliti masuk dan tertanam di otak Anda. Dengan kata lain, perhatikan apa atau siapa yang ingin Anda ingat.

Berikan suatu hubungan

Hubungkan apa/siapa yang ingin Anda ingat dengan apa yang sudah Anda ketahui. Misalnya, jika Anda baru saja berkenalan dengan seseorang bernama Agus, pikirkan seseorang yang Anda kenal di masa lalu yang juga bernama Agus. Anda mungkin juga belajar bahwa si Agus baru ini adalah orang Jogja (kaitkan lagi Jogja dengan kenangan Anda tentang kota tersebut) atau ia suka membaca buku (kaitkan lagi novel dengan buku-buku yang pernah Anda baca).

Kaitkan semua informasi baru yang Anda pelajari tentang Agus dengan kenangan terpelajar lainnya karena ini akan menghubungkan informasi baru dan membuatnya jadi lebih bermakna.

Mainkan imajinasi

Visualisasikan gambaran dalam pikiran Anda tentang apa yang ingin Anda ingat. Dengan menggunakan contoh pertemuan Agus, bangunlah dengan membayangkan Agus di pelataran candi Borobudur sedang membaca novel Harry Potter.

Terkadang menggunakan imajinasi yang mengada-ada atau fantastis, menciptakan kenangan yang paling kuat, namun bagi kebanyakan orang, teknik ini memerlukan beberapa latihan karena kita cenderung bersikap sangat logis dan serius seperti layaknya orang dewasa.

Pikirkan terus

Pikirkan secara aktif dan jabarkan setiap detail yang ingin Anda ingat. Semakin banyak rincian yang bisa Anda dapatkan dengan mendengarkan atau mengajukan pertanyaan, ini akan menambah makna dan kemungkinan akan di ingat.

Pusatkan konsentrasi

Sementara itu, jangan memikirkan apa yang ingin Anda lakukan besok atau mengkhawatirkan tentang apa yang terjadi kemarin. Kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada saat ini dapat sangat meningkatkan kemampuan Anda untuk belajar dan mengingat informasi baru. Ingat, ingatan jangka pendek adalah hal yang rapuh. Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran Anda dalam perjalanan ke dapur mengambil minum, Anda akan lupa mengapa Anda berada di sana.

Katakan dengan lantang

Ucapkan dengan suara keras.Jika ada info, nama, atau nomor yang ingin Anda pelajari, ulangi beberapa kali baik dengan suara keras atau bicara pada diri sendiri. Misalnya, ketika ingin mengingat nama Agus, tidak apa untuk menyempilkan namanya saat sedang bercakap-cakap dengannya. Atau, ketika ingin mengingat untuk beli obat pilek, ulang “nanti beli obat pilek” terus menerus di dalam hati dalam perjalanan. Tindakan sederhana seperti ini akan membantu Anda mengingatnya.

Tuliskan

Cara lainnya adalah tulis di buku jurnal atau kertas, jika Anda tidak mau mengucapkannya dengan lantang. Tindakan menulis sesuatu membutuhkan konsentrasi dan selanjutnya akan membantu Anda mengingatnya. Menulis dengan pulpen juga membantu Anda mengingat lebih baik daripada mengetikkan informasi yang sama ke dalam perangkat elektronik Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *