Mengapa Saat Lapar Menjadi Emosional?

oleh -76 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu mengalami emosional yang tidak stabil saat sedang lapar? Ternyata ini ada alasan ilmiahnya lho guys. Berikut ini pembahasan mengapa saat lapar menjadi emosional. (tika)

Ketika lapar kamu bisa saja kekurangan glukosa dan nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak dari makanan. Kondisi ini membuat menurunnya kemampuan kamu untuk mengendalikan emosi. Sebuah studi dari Universitas di Ameria Serikat mengatakan bahwa orang yang semakin rendah kadar gula darah, maka akan semakin mudah marah dan agresif terhadap pasangannya. Menurunnya kadar gula darah membuat otak merespon sebagai situasi yang mengancam. Akibatnya otak menjadi sulit berkonsentrasi  dan dapat memengaruhi cara bicara kita.

Ada sebuah Profesor Psikologi di Red College dan pakar tentang perilaku nafsu makan bernama Paul Currie. Beliau menjelaskan bahwa ada keterkaitan antara rasa lapar dan emosi. Rasa lapar dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan kegelisahan yang bisa menimbulkan amarah.
Sinyal rasa lapar itu dikirim ke otak yang dapat merangsang lepasnya hormon adrenalin kortisol yang membuat kamu sulit mengendalikan emosi.

Selain hormon kortisol, epinefrin juga dilepaskan oleh tubuh dengan tujuan meningkatkan gula darah kembali. Kedua hormon tersebut dapat menimbulkan kepekaan apabila ada rangsangan dari luar. Itulah sebabnya kalau kamu emosional apabila melewatkan sarapan.

Namun bukan hanya rasa lapar membuat emosi lho. Ternyata, emosi amarah dalam diri juga bisa memicu rasa lapar. Hal ini dinamakan emotional eating atau dorongan untuk makan secara berlebihan yang di picu oleh kondisi emosional yang tidak stabil.

Nah, itulah alasan mengapa saat lapar menjadi emosional. Jadi jangan lewatkan sarapan ya teman.

Baca juga:

Manfaat Soybean Oil Untuk Kesehatan

Bahaya Makan Mie Pakai Nasi yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Memanfaatkan Skincare yang Tidak Terpakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *