Mengenal Tentang Histrionic Personality Disorder (HPD)

oleh -364 views
histrionic personality disorder

ZETIZEN RADAR CIREBON – Histrionic personality disorder (HPD) adalah salah satu dari sekelompok kondisi yang di sebut gangguan kepribadian dramatis. Orang dengan gangguan ini memiliki emosi yang intens, tidak stabil, dan citra diri yang terdistorsi. Untuk orang dengan histrionic personality disorder, harga diri mereka bergantung pada persetujuan orang lain dan tidak muncul dari perasaan harga diri yang sebenarnya. (herdi)

Mereka memiliki keinginan yang besar untuk diperhatikan, dan sering berperilaku dramatis atau tidak tepat untuk mendapatkan perhatian. Kata histrionik berarti “dramatis atau teatrikal.” Gangguan ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria dan biasanya terlihat pada awal masa dewasa.

Sekitar 9% dari populasi umum di AS memiliki setidaknya satu gangguan kepribadian, dan histrionic personality disorder mempengaruhi sekitar 2% hingga 3% dari populasi umum. Gangguan ini di tandai dengan emosi yang dangkal, mencari perhatian, dan perilaku manipulatif.

Gejala HPD

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki histrionic personality disorder karena cara berpikir dan berperilaku Anda tampak alami bagi Anda. Dan Anda mungkin menyalahkan orang lain atas tantangan yang Anda hadapi.

Orang dengan histrionic personality disordermungkin:

  • Menampilkan gejala kelemahan atau penyakit yang berlebihan dan dapat menggunakan ancaman bunuh diri untuk memanipulasi orang lain
  • Menampilkan emosi yang berlebihan tetapi dangkal dan perilaku mencari perhatian (yaitu, mereka terus-menerus “berperforma” untuk mendapatkan perhatian)
  • Alami suasana hati, pendapat, dan keyakinan yang sekilas; mereka juga sangat mudah di sugesti dan cepat menanggapi mode
  • Membutuhkan orang lain untuk menyaksikan tampilan emosional mereka untuk mendapatkan validasi atau perhatian
  • Menggunakan perilaku seksual provokatif untuk mengontrol orang lain atau mendapatkan perhatian

Penyebab Histrionic Personality Disorder

Di lansir dari Klikdokter, penyebab HPD  masih belum jelas. Namun, ada banyak teori mengenai kemungkinan penyebabnya. Di antaranya adalah faktor biologis dan genetik, faktor sosial (seperti bagaimana seseorang berinteraksi dalam perkembangan awal bersama keluarga dan teman-teman sebaya), serta faktor-faktor psikologis.

Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada faktor tunggal yang bertanggung jawab ketika seseorang terkena HPD. Banyak hal kompleks yang saling memengaruhi.

Bagaimana Histrionic Personality Disorder Di obati?

Secara umum, orang dengan HPD tidak percaya bahwa mereka membutuhkan terapi. Mereka juga cenderung membesar-besarkan perasaan mereka dan tidak menyukai rutinitas, yang membuat mengikuti rencana perawatan menjadi sulit. Namun, mereka mungkin mencari bantuan jika depresi mungkin terkait dengan kehilangan atau hubungan yang gagal atau masalah lain yang di sebabkan oleh tindakan mereka menyebabkan mereka tertekan.

Psikoterapi (sejenis konseling) umumnya merupakan pengobatan pilihan untuk HPD. Tujuan pengobatan adalah untuk membantu individu mengungkap motivasi dan ketakutan yang terkait dengan pikiran dan perilaku mereka, dan untuk membantu orang tersebut belajar berhubungan dengan orang lain dengan cara yang lebih positif.

Obat kadang-kadang dapat di gunakan sebagai pengobatan untuk kondisi lain yang mungkin juga hadir dengan gangguan ini, seperti depresi dan kecemasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *