Mood Swing! Penyebab dan Cara Mengatasinya

oleh -352 views
mood swing

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mood swing adalah perubahan suasana hati yang berlangsung cepat. Hal ini merupakan wajar jika Anda sesekali mengalaminya. Mood swing artinya suatu kondisi yang dapat timbul sebagai reaksi dari hal-hal di sekitar Anda, misalnya karena masalah pekerjaan.Namun, seseorang juga bisa mengalaminya tanpa sebab yang jelas.  Akan tetapi, apabila perubahan suasana hati ini terjadi cukup sering dan sangat intens sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari, maka bisa menjadi tanda adanya kondisi medis tertentu. (herdi)

Tanda Tanda Mood Swing

Tanda-tanda mood swing adalah ketika Anda merasa senang dan bahagia, kemudian merasa sedih dan terpuruk di kemudian hari. Ini merupakan hal yang normal dan umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Anda yang mulanya merasa senang dan bahagia, kemudian mengalami perubahan suasana hati yang di picu oleh sesuatu yang membuat stres di tempat kerja.

Umumnya, Anda akan mengalami mood swing selama sehari atau bahkan dalam beberapa jam saja.Pada keesokan harinya, suasana hati Anda sudah membaik. Bahkan, Anda mungkin tidak ingat alasan perubahan suasana hati menjadi buruk di hari sebelumnya.

Tanda-tanda mood swing yang sudah parah dan membutuhkan pertolongan dari ahlinya adalah ketika kondisi tiba-tiba sangat senang dan bahagia serta tiba-tiba sedih terjadi cukup sering. Jika perubahan suasana hati di sertai munculnya keinginan untuk melakukan hal-hal yang berisiko atau mengakhiri hidup, maka tanda-tandanya ini artinya menandakan adanya gangguan kesehatan mental.

Penyebab

Gangguan bipolar

Perubahan suasana hati yang di alami oleh orang dengan gangguan bipolar cenderung lebih intens dan lama. Penderita bisa merasa sangat bahagia selama berhari-hari atau berminggu-minggu, yang di sebut fase mania. Setelah fase mania tersebut berakhir, penderita dapat merasa sangat sedih hingga di dera putus asa.

Gangguan kepribadian ambang (borderline personality disorder)

Salah satu ciri dari gangguan kepribadian ambang yang di sebabkan oleh mood swing adalah perubahan suasana hati yang tiba-tiba sekaligus intens. Namun, tingkat keparahannya tidak seekstrem pada gangguan bipolar.

Perubahan hormon

Penyebab mood swing bisa di picu oleh perubahan hormon yang terjadi saat PMS, kehamilan, dan menopause.

Atttention deficit hyperactivity disorder (ADHD)

Selain rentan mengalami mood swing, orang dengan ADHD juga bisa mudah marah, impulsif, dan sulit untuk konsentrasi.

Pola makan yang buruk

Kekurangan nutrisi penting dalam pola makan Anda atau progam diet yang membatasi jumlah makanan, juga dapat menjadi penyebab mood swing. Kenapa? Pasalnya, pola makan yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah serta memicu malnutrisi. Akibatnya, suasana hati Anda lebih mudah kacau.

Selain itu ada beberapa factor yang bisa menyebabkan mood swing, antara lain :

  • Kondisi kelelahan, baik secara fisik maupun mental
  • Terlalu sering memendam perasaan
  • Tekanan dari luar, lingkungan sosial maupun pekerjaan

Cara Mengatasi

  • Beristirahatlah, ambil waktu untuk “me time” atau setidaknya jeda untuk menyadari nafas.
  • Salurkan energy kepada hal positif, seperti berolahraga rutin atau belajar hal baru.
  • Analisa logis daripada emosional, ini akan membantu kita agar tidak terbawa emosi.
  • Berbicara ke orang yang tepat, karena mengungkapkannya ke orang yang salah bisa jadi hanya akan menambah masalah baru.
  • Konsultasi diri ke professional, jika di rasa sudah mengganggu dan sulit mengatasi sendiri.

Praktik Mindfulness Sederhana yang Dapat Mengatasi Mood Swing

  • Taruh perhatian pada suatu yang kita pilih, secara sadar focus dan melakukannya secara penuh, misalnya nafas, gerakan tubuh, dan lainnya.
  • Hadir seutuhnya dalam waktu saat ini, jangan sampai kehilangan diri dengan pikiran melayang.
  • Tidak menghakimi, tidak menilai sesuatu secara langsung. Cerna dan rasakan dulu segala sesuatunya, agar kita menjadi tenang dan merespon secara terkontrol.
  • Berpikiran lebih terbuka untuk setiap kamungkinan, dengan bergitu kita akan lebih mudah dalam menerima segala sesuatunya tanpa penyeselan, kemarahan, dan emosi negatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *