Nebula, Awan Cantik Tempat Kelahiran Bintang

oleh -271 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Nebula berasal dari bahasa latin “Nebulae”, yang artinya “Awan”, tapi bukan awan seperti yang ada di bumi. (cva)

Nebula adalah bagian dari materi antarbintang yang berupa awan berisi debu, gas, dan partikel-partikel lain. Cahayanya bersumber dari bintang-bintang di sekitarnya. Sedangkan, warnanya berasal dari unsur partikel yang paling dominan di dalammya.

Nebula mengandung gas hidrogen, helium, dan plasma yang nantinya akan membentuk bintang baru. Dari sinilah bintang berasal.

Warna-warni benda ini menggambarkan kondisi suhunya. Warna merah berarti dingin, dan warna biru berarti panas.

Proses Pembentukan

Proses terbentuknya nebula disebabkan karena adanya keruntuhan gravitasi pada bagian medium antar bintang. Keruntuhan gravitasi tersebut mengakibatkan tarikan gravitasi pada medium antar bintang.

Inilah yang menyebabkan gumpalan gas dengan kepadatan yang lebih besar terbentuk.

Secara umum, terbentuknya nebula sebagai akibat dari keruntuhan gravitasi medium antar bintang. Saat keruntuhan gravitasi terjadi, bintang-bintang baru akan terbentuk di tengah-tengah benda ini.

Gas yang ada di sekitarnya akan terionisasi oleh radiasi ultraviolet dari bintang-bintang baru tersebut, sehingga awan antar bintang dapat terlihat.

Adapun nebula yang terbentuk akibat adanya ledakan supernova dan menghasilkan sisa-sisa supernova. Kemudian, material sisa tersebut terionisasi oleh energi pada intinya, sehingga dapat terlihat.

Ia juga dapat terbentuk dari bintang-bintang bermassa rendah seperti matahari yang telah menuju masa akhir kehidupannya. Proses ini disebut sebagai nebula planeter.

Ketika bintang seperti matahari kehabisan bahan bakar, maka akan mengalami pembesaran dan secara perlahan akan menghempaskan angin bintang yang membuatnya kehilangan banyak massa.

Teman-teman bisa melihat benda antariksa berikut dengan pergi ke daerah yang minim polusi dan gelap, dengan menggunakan teleskop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *