Panic Attack! Pahami Lebih Lanjut Tentangnya

oleh -330 views
Tentang serangan panik

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernah nggak sih kamu ngerasa “hilang kendali” atas tubuhmu sendiri? ada sensasi fisik seperti keringat dingin, sesak nafas, keram perut, denyut jantung meningkat dan gemetaran. Nggak Cuma itu, sensasi ini biasanya di ikutin dengan perasaan takut yang nggak wajar. Seperti takut mati, takut kehilangan orang tersayang atau ketakutan lainnya. Dan yang lebih bikin nggak enak badan adalah semuanya itu terjadi tiba tiba tanpa penyebab yang jelas.Jika hal hal itu terjadi pada diri mu, bisa jadi sedang mengalami panic attack. (herdi)

Panic Attack bisa di alami oleh setiap dari kita karena penumpukan emosi, kegelisahan yang berlebihan ataupun overthinking. Yang ada pada akhirnya berada di puncaknya.

Jika terlalu sering mengalaminya, maka ini akhirnya bisa di sebut gangguan psikologis bahkan bisa berkembang menjadi Agoraphobia atau ketakutan terhadap tempat terbuka (karena takut panic attack nya muncul) . serangan panic atau panic attack adalah “alarm palsu” dari tubuh kita yan merasa seperti ada sesuatu bahaya yang mengancam sehingga tubuh anda ada dalam “mode bertarung” walaupun sebenernya tidak jelas apa triggernya dan apa objek yang ingin di lawannya.

Dalam beberapa kasus, serangan panik juga bisa di sebabkan noleh pengalaman traumatic di masa lalu(yang sudah di lupakan) tapi emosinya kemudia meluap secara tiba tiba dan tanpa di duga.

Jangan Samakan Panic Attack dengan Anxiety!

Namun biasanya, anxiety attack ini sering di samakan dengan panic attack. Keduanya memang sama- sama mengganggu. Gejala yang di alami juga mirip.

Anxiety attack sering di kaitkan dengan stres. Selain menimbulkan perasaan takut dan khawatir, ini sering kali melibatkan gejala fisik seperti ketegangan otot. Sedangkan panic attack, merupakan gejala gangguan panik. Kecemasan yang sering kali berkaitan dengan peristiwa atau situasi tertentu, meskipun tidak selalu seperti itu.

Hal yang Harus Di lakukan Jika Mengalaminya

Pada saat sedang mengalaminya, kita biasanya tidak bisa berpikir dengan jernih. Oleh karena itu perlengkapilah diri dengan beberapa teknik efektif seperti :

  1. Latihan relaksasi : Atur ritme pernafasan secara berpola, perlahan tambahkan afimasi (self talk) untuk tetap tenang dan kembali pegang kendali.
  2. Teknik grounding : lepas alas kaki dan sadari di mana keberadaanmu saat ini, selain itu kamu bisa mengambil sebuah objek (pulpen, handphone, dll) kemudian pegang dengan erat sebagai wujud kendali.
  3. Anchoring : Ini adalah simbol khusus yang dapat mengembalikan kamu ke emosi yang lebih tenang dan stabil, biasanya simbol ini di ciptakan dalam sesi terapi (self healing maupun psikoterapi)

Cara Lanjut Mengatasi Panic Attack

Jika tidak dalam situasi serangan panic, kamu di sarankan dapat melakukan beberapa hal ini :

  1. Memperhatikan pola hidup : Atur jadwal makan, tidur dan aktivitasmu secara baik. Tubuh juga berpengaruh terhadappikiran, jadi coba cek apa yang kamu lewatkan.
  2. Berlatih Self Healing : Bekali diri mu sendiri dengan berbagai teknik yang dapat membantumu mengelola stres dan juga kecemasan , agar tidak menumpuk, tertekan dan pada akhirnya meledak di saat tak terduga.
  3. Konsultasi dengan bantuan professional : Tidak ada salahnya meminta bantuan, beberapa teknik psikoterapi seperti CBT, mindfulness, Hypnotherapy dan lain sebagainya sangat bermanfaat untuk serangan panik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.