Perbedaan Berbagai Pakaian Adat di Indonesia

oleh -618 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dengan keberagaman suku dan budayanya, Indonesia memiliki berbagai macam adat yang berbeda-beda. Cara berpakaiannya pun tentu berbeda. Pakaian adat biasanya digunakan untuk merayakan acara-acara istimewa seperti pernikahan, hari besar, dan lain sebagainya. (cva)

Let’s take a look!

1. Aceh

Ulee Balang merupakan pakaian tradisional yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk perempuan, pakaian adatnya disebut dengan Daro Baro dan untuk laki-laki disebut dengan Linto Baro.

2. Nusa Tenggara Timur

Pakaian tradisional Nusa Tenggara Timur memiliki ciri khas yang kaya dengan tenun ikatnya. Nama pakaian adatnya sendiri berbeda-beda sesuai sukunya, seperti suku Rote, Dawan, Sabu, Helong, dan sebagainya.

3. Bali

Pakaian adat dari Bali terkenal dengan kemewahannya dan perpaduan warna yang menawan. Bali sendiri memiliki tiga pakaian khas, yaitu Payas Agung, Payas Madya, dan Payas Alit.

4. Jawa Barat

Jawa Barat memiliki pakaian khas dengan nama Kebaya Sunda. Kebaya Sunda pada umumnya memiliki warna-warna yang cerah seperti putih, hijau, atau ungu. Sementara laki-laki biasanya mengenakan jas beludru dengan sulam benang emas.

5. Lampung

Tulang Bawang merupakan pakaian adat dari Lampung yang khas dengan siger atau mahkota emasnya yang mewah. Perempuan mengenakan baju Bebe yang terpadu dengan kain berwarna putih. Sementara laki-laki mengenakan Sarung Tumpal yang melilit sepanjang lutut kaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *