Rekomendasi Anime untuk lebih Mengenal Budaya Jepang (part 1)

oleh -186 views
mashiro no oto

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tak dapat dimungkiri lagi bahwa anime telah menjadi salah satu hal yang identik dengan Jepang. Di sini, berikut beberapa rekomendasi anime yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin lebih mengenal budaya Jepang. Khususnya kebudayaan benda. Rekomendasi anime ini akan menjabarkan beberapa judul dan akan dibagi menjadi dua bagian. Ini bagian pertamanya.

Penasaran apa saja rekomendasi anime yang ada? Lanjut gulir untuk lihat rekomendasi anime itu. (an)

1. Kono Oto Tomare!

Tahukah kamu alat musik asal Jepang bernama koto? Jika di Indonesia rupanya mirip kecapi, lalu jika di Cina sebutannya itu Guzheng. Di anime ini, kamu akan menjumpai rupa, cara bermain, bahkan tak ketinggalan alunan indah dari lagu yang dimainkan oleh para pemain koto.

Sinopsis:

Gen Kudou, seorang pembuat koto, tidak percaya bahwa cucunya yang nakal, Chika, akan bisa memahami makna alat musik tradisional. Kemudian, dalam upayanya untuk menebus kenaifan itu dan agar dapat memahami kata-kata mendiang kakeknya. Untuk itu, Chika mencoba bergabung dengan Klub Koto SMA Tokise.

Walaupun saat itu klub sangat membutuhkan anggota baru. Namun ketua klub Takezou Kurata, tidak mau dengan mudah menerima Chika karena reputasinya yang buruk. Akan tetapi, setelah melihat keseriusan dan antusiasme Chika, Takezou mengizinkan anak bermasalah itu untuk bergabung. Sehubungan dengan itu, beberapa anggota lain pun turut bergabung, seperti Satowa Houzuki dan tiga teman Chika yang energik.

Lebih lagi, kini mereka tengah berjuang untuk menuju ke kejuaraan nasional.

Judul: Kono Oto Tomare! atau Sounds of Life

Studio: Platinum Vision

Genre: Drama, musik, romance, school, shounen

Rilis: 7 April – 30 Juni 2019

Episode: 13 episode

Durasi: 23 menit

Source: Manga

Lanjutan: Kono Oto Tomare 2nd Season

2. Mashiro no Oto

Berikutnya ini masih berhubungan dengan alat musik. Di anime ini, kamu akan berjumpa dengan shamisen. Apakah kamu penasaran dengan rupa, cara bermain, dan suara yang dihasilkan oleh shamisen itu seperti apa? Nah, cocok nih buat melirik anime satu ini.

Sinopsis:

Setsu Sawamura melarikan diri dari desa kecilnya setelah kematian kakeknya, master shamisen legendaris Matsugorou Sawamura. Sebelum kepergiannya, Matsugorou memberi tahu Setsu untuk berhenti bermain shamisen, jika dia hanya ingin meniru orang lain daripada bermain dengan caranya sendiri.

Walaupun masih di tengah duka, Setsu tetap pergi menuju Tokyo. Dengan berharap kota besar itu dapat menginspirasinya untuk menemukan gaya bermainnya yang unik. Tetapi Tokyo menentang harapannya dengan menenggelamkan semua suara lain dengan kebisingan kehidupan kota yang memekakkan telinga.

Selanjutnya, ibu Setsu yang kaya dan sukses, Umeko, khawatir dengan putranya. Lalu, ia tiba-tiba masuk kembali ke dalam hidup Setsu dan memaksanya untuk mendaftar di Akademi Umezono. Di sekolah, Setsu bertemu Shuri Maeda, seorang gadis yang terpesona oleh Tsugaru shamisen, dan ingin membawakan lagu yang pernah didengar neneknya dulu. Sehubungan dengan itu, Shuri juga baru saja memulai klub shamisen. Kemudian Shuri meyakinkan Setsu untuk bergabung dan juga mengajari mereka cara memainkan shamisen.

Berikutnya, akankah Setsu dapat memulihkan cintanya pada shamisen dan menemukan suara unik yang tidak dimilikinya?

Judul: Mashiro no Oto atau Those Snow White Notes

Studio: Shin-Ei Animation

Genre: Drama, musik, school, shounen, slice of life

Rils: 3 April – 19 Juni 2021

Episode: 12 episode

Durasi: 24 menit

Source: Manga

3. Chihayafuru

Sekarang kita berpaling dari alat musik ke permainan tradisional. Anime Chihayafuru ini mengisahkan tentang dunia karuta. Apa itu karuta? Tonton anime ini untuk dapat penjelasannya, seru lho.

Sinopsis:

Chihaya Ayase adalah seorang gadis keras kepala dan tomboyi. Saat di sekolah dasar, dia bertemu dengan Arata Wataya, murid pindahan yang pendiam. Yang Kemudian memperkenalkan Chihaya pada karuta, permainan kartu yang menuntut fisik dan mental yang terinspirasi oleh antologi klasik Jepang Seratus Penyair.

Chihaya yang terpikat oleh hasrat dan impian Arata untuk menjadi yang terbaik di Jepang lantas dengan cepat membuatnya jatuh cinta pada dunia karuta. Bersama dengan Arata dan jug aTaichi Mashima, Chihaya bergabung dengan Perkumpulan Shiranami. Ketiganya menghabiskan hari-hari di masa kecil mereka yang indah, bermain bersama, sampai keadaan memisahkan mereka.

Sekarang di sekolah menengah, Chihaya bersama dengan Taichi membentuk sebuah klub karuta dan berambisi untuk mengikuti kejuaraan nasional.

Judul: Chihayafuru

Studio: Madhouse

Genre: Drama, game, josei, school, slice of life, sports

Rilis: 5 Oktober 2011 – 28 Maret 2012

Episode: 25 episode

Durasi: 22 menit

Source: Manga

Lanjutan: Chihayafuru 2, 3, OVA.

4. Ryuuou no Oshigoto!

Masih sama seperti sebelumnya. Anime ini juga mengangkat unsur permainan tradisional, namanya shogi. Langsung baca saja, ya.

Sinopsis:

Shogi atau catur Jepang adalah salah satu permainan papan paling populer di Negeri Sakura. Beberapa pemain cukup berbakat untuk membawa permainan ini ke tingkat profesional. Gelar Ryuuou, yang berarti “raja naga”, diberikan kepada orang yang mencapai puncak pada kompetisi shogi.

Sehubungan dengan itu, Yaichi Kuzuryuu baru saja menjadi Ryuuou termuda setelah memenangkan grand champion. Walaupun begitu komunitas shogi tidak menyambut kemenangannya tersebut. Tambah lagi, beberapa bahkan menyebutnya Ryuuou terburuk dalam sejarah. Di samping itu, dia ternyata lupa tentang perjanjian yang dia buat dengan Ai Hinatsuru, gadis kecil yang dia janjikan untuk dilatih jika dia menang. Setelah dia muncul di depan pintunya, dia dengan enggan setuju untuk menepati janjinya dan menjadikan Ai muridnya.

Bersama-sama, mereka bertujuan untuk meningkatkan dan melampaui batas kecakapan shogi mereka: Ai, untuk membuka bakat terpendamnya; Yaichi, untuk membuktikan kepada dunia bahwa dia pantas mendapatkan prestasinya.

Judul: Ryuuou no Oshigoto! atau The Ryuo’s Work is Never Done!

Studio: Project No. 9

Genre: Komedi, game, slice of life

Rilis: 8 Januari – 28 Maret 2018

Episode: 12 episode

Durasi: 23 menit

Source: Light Novel

Baca bagian selanjutnya: Rekomendasi Anime untuk lebih Mengenal Budaya Jepang (part 2)

Baca juga: Rekomendasi Musik Klasik Penuh Cinta

(Sumber informasi: MyAnimeList)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.