Rekomendasi Anime Berunsur Budaya Jepang (part 2)

oleh -129 views
touken ranbu hanamaru

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tak dapat dimungkiri lagi bahwa anime telah menjadi salah satu hal yang identik dengan Jepang. Di sini, berikut beberapa rekomendasi anime yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin lebih mengenal budaya Jepang. Khususnya kebudayaan benda. Rekomendasi anime ini akan menjabarkan beberapa judul saja dan akan dibagi menjadi dua bagian. Ini bagian keduanya.

Penasaran apa saja rekomendasi anime yang ada? Lanjut gulir. (an)

1. Touken Ranbu Hanamaru

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok samurai atau bahkan pedang-pedang samurai Jepang. Nah, di anime ini kamu akan menjumpai para karakter yang mempersonalisasikan sebuah pedang, menarik bukan?

Sinopsis:

Pada tahun 2205, seorang sage yang dipanggil sebagai Saniwa memiliki kemampuan untuk memberikan kehidupan kepada benda mati. Pada saat yang sama, kekuatan gelap telah memulai rencana untuk melakukan perjalanan waktu. Mereka kembali ke masa lalu dengan tujuan mengubah jalannya sejarah. Dan yang mampu menghentikan mereka adalah Saniwa dan para pedang Jepang yang telah mengambil wujud seorang pemuda.

Selanjutnya, Touken Ranbu: Hanamaru memulai kisahnya dari Yamatonokami Yasusada, uchigatana kesayangan Okita Souji, saat ia memulai hari pertamanya di benteng Saniwa. Segera setelah ia datang, ia bertemu kembali dengan teman lamanya, Kashuu Kiyomitsu dan lantas keduanya terjebak dalam kejenakaan sehari-hari sesama para pendekar pedang yang lain. Mereka tidak pernah melewatkan kesempatan untuk bersenang-senang, apakah itu melalui perkelahian bola salju atau memperkenalkan rekan-rekan yang baru hadir ke benteng. Tentu saja, ketika sage memanggil, para pedang itu selalu siap untuk memenuhi misi mereka demi melindungi sejarah.

Judul: Touken Ranbu: Hanamaru

Studio: Doga Kobo

Genre: Action, slice of life, komedi, historical, drama, fantasy

Rilis: 3 Oktober – 19 Desember 2016

Episode: 12 episode

Durasi: 24 menit

Source: Game

Lanjutan: Zoku Touken Ranbu: Hanamaru (S2), Katsugeki/Touken Ranbu (spin-off), Touken Ranbu: Hanamaru ~Setsugetsuka~ (S3 – coming soon)

Ketiga anime terakhir ini sama-sama mengulas tentang sastra, namun bukan hanya buku dari sang sastrawan saja melainkan lebih kepada mempersonalisasi. Tiga anime terakhir ini sama-sama menggunakan nama dan seluk beluk sang sastrawan itu sendiri sebagai pengembangan karakter.

Jika anime sebelumnya mengulik tentang benda mati, yaitu pedang dalam sejarah Jepang. Berikut ini anime-anime yang mengulik tentang para sastrawan Jepang, tetapi ada juga yan turut memasukkan sastrawan asing dalam ceritanya. Penasaran? Lanjut gulir.

2. Bungou Stray Dogs

Di anime ini, kamu akan menemukan karakter-karakter yang mempersonalisasikan para sastrawan Jepang, bukan hanya itu sastrawan luar juga turut hadir.

Sinopsis:

Seorang anak yatim piatu bernama Nakajima Atsushi diusir dari panti asuhan karena sebuah alasan. Setelah itu, dia berkeliaran di kota tanpa tempat tinggal, dan kelaparan.

Saat kelaparan di tepi sungai, dia menyelamatkan seorang pria yang hanyut. Pria itu bernama Dazai Osamu, seorang anggota detektif supernatural dan maniak bunuh diri. Ketika itu, Dazai dan rekannya tengah menyelidiki kasus tentang harimau mistis yang telah meneror kota.

Setelah Dazai dan rekannya yang bernama Kunikida Doppo membalas perbuatan Atsushi dan seraya mendengarkan ceritanya, mereka lantas menyeretnya ke dalam penyelidikan supernatural ini. Lalu dari sinilah, hidup Atsushi berubah.

Judul: Bungou Stray Dogs atau Literary Stray Dogs

Studio: Bones

Genre: Action, komedi, misteri, seinen, super power, supernatural

Rilis: 7 April – 23 Juni 2016

Episode: 12 episode

Durasi: 23 menit

Source: Manga

Lanjutan: Bungou Stray Dogs 2nd Season, Bungou Stray Dogs: Hitori Ayumu (OVA), Bungou Stray Dogs: Dead Apple (Movie), Bungou Stray Dogs 3rd Season, Bungou Stray Dogs Wan!

3. Bungou to Alchemist

Sinopsis:

Para penulis terkenal sepanjang sejarah menemukan diri mereka bereinkarnasi oleh entitas misterius yang tak terlihat yang dipanggil sebagai Alchemist. Dan jiwa para penulis itu terkurung serta terikat pada perpustakaan yang luas, mereka ditugaskan oleh Alchemist untuk masuk ke dalam buku. Dengan tujuan untuk memurnikan halaman yang ternoda oleh monster yang disebut Taints. Sepanjang perjuangan itu mereka bekerja sama, bersama penulis lain agar dapat menyelamatkan penulis yang kisah pada bukunya ternoda oleh Taints. Mereka harus sanggup melawan sesama penulis yang terjebak di dalam cerita yang dibuatnya karena ulah monster itu, jika tidak karya tersebut akan hilang dari dunia.

Meskipun penulis itu telah mendapatkan wujud baru lagi kuat, namun beberapa dari mereka masih memiliki kemiripan dengan mereka dulu, sementara yang lain berjuang untuk mengingat masa lalu mereka juga karya-karya apa saja yang telah mereka tulis. Walaupun tidak ada akhir yang jelas dari misi besar mereka ini, mereka tetap berkomitme. Dengan harapan dapat memecahkan misteri di balik kebangkitanpara monster itu, serta segenap pertanyaan yang menghantui kehidupan mereka sebelumnya.

Judul: Bungou to Alchemist: Shinpan no Haguruma atau Bungo and Alchemist -Gears of Judgement-

Studio: OLM

Genre: Action, adventure, fantasy

Rilis: 4 April – 8 Agustus 2020

Episode: 13 episode

Durasi: 24 menit

Source: Game

4. Aoi Bungaku Series

Anime ini adalah adaptasi dari karya sastra klasik dan modern Jepang. Adapun karya yang diadaptasi, yaitu Ningen Shikkaku, Hashire, Melos! karya Osamu Dazai, Sakura no Miri no Mankai no Shita karya Ango Sakaguchi, Kokoro karya Natsume Soseki, dan Kumo no Ito, Jigokuhen karya Ryuunosuke Akutagawa.

Judul: Aoi Bungaku Series atau Blue Literature

Studio: Madhouse

Genre: Drama, historical, psychological, seinen, thriller

Rilis: 11 Oktober – 27 Desember 2009

Episode: 12 episode

Durasi: 23 menit

Source: Novel

Baca bagian sebelumnya: Rekomendasi Anime untuk lebih Mengenal Budaya Jepang (part 1)

Baca juga: Tanaman Hias yang Bisa Saring Udara Kotor

(Sumber informasi: MyAnimeList)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.