Rekomendasi Game F2P yang Tidak Pay to Win 2021 (Part 1)

oleh -253 views
game f2p

ZETIZEN RADAR CIREBON – Game gratis umumnya miliki sistem bisnis yang tidak balance. Ini karena tak sedikit developer dan publisher membuat model bisnis pay to win. Biasanya game yang seperti ini membuat sebuah sistem entah level, item, atau drop yang bisa menambah serangan atau pertahanan karakter dan akun. Meskipun ia bisa ditingkatkan dengan memainkan gamenya saja, namun player bisa membeli sistem tersebut menggunakan uang asli. (mrg)

Model bisnis seperti ini sudah sangat umum dijumpai di beberapa game online free to play (F2P) buatan Korea Selatan dan Tiongkok di masa lalu. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, banyak developer dan publisher besar terjun ke bisnis F2P dengan menawarkan balancing yang lebih baik.

Mereka umumnya hanya memberikan item kosmetik super keren dengan harga mahal untuk bisa mempertahankan servernya agar tetap hidup. Tentu saja sistem ini juga akan berikan mereka kesempatan untuk memberikan konten yang lebih berkualitas.

Tak hanya bertahan di industri, mereka juga membuat sistem tersebut sebagai win-win solution bagi player dan pihak developer maupun publisher.

Lantas, apa saja game PC F2P yang menganut sistem yang tak pay to win tersebut? Berikut ini adalah rekomendasi game F2P yang tidak mengandung unsur pay to win.

Valorant

Gabungkan permainan CS:GO dan hero-shooter, Valorant bisa dibilang adik “kesekian” dari FPS buatan Valve tersebut. Gamenya miliki hero yang disebut agent dengan ragam kemampuan unik. Player bisa membukanya seiring berjalannya permainan tanpa membayar sama sekali. Riot Games hanya berikan kosmetik saja untuk tunjang keberlangsungan hidup servernya.

Baca juga : Fitur Master League akan Tetap Hadir di eFootball

Warframe

Kalau kamu bilang Warframe adalah game pay to win, sepertinya kamu salah menilainya. Memang, kamu bisa membeli beberapa “karakter” yang sebenarnya adalah armor yang disebut Warframe dengan kekuatan berbeda dengan uang asli. Namun kamu juga bisa mendapatkannya gratis, dengan syarat grinding atau progressing.

Warframe punya sistem bisnis kosmetik dan “save time” untuk mempercepat crafting. Jadi kalo kamu cuman pengen main tanpa bayar siap-siap jadiin game ini no-life to win.

Rogue Company

Rogue Company memang bukan dibuat oleh Hi-Rez seperti Paladins, namun game ini merupakan salah satu game gratis tanpa elemen pay to win yang saat ini akhirnya punya player yang cukup banyak untuk dikatakan sebagai non-dead-game. Ini mengingat perilisannya di Epic Games Store membuat gamenya tak miliki populasi player yang banyak khususnya di Asia dan Oseania.

Rogue Company adalah game 3rd person shooter 6 vs 6 dengan hero yang disebut rogue yang memiliki skill unik. Dima misalnya punya grenade launcher, hingga Ronin dengan ballistic knife yang bisa dilempar dan meledak saat musuh berada di dekatnya, dsb. Game ini memiliki mode permainan unik yakni King of the Hill yang mana player akan saling rebutan poin hingga team deathmatch. Ia juga adaptasi sistem beli dari CS:GO dengan senjata yang masing-masing menjadi ciri khasnya.

Rogue Company menggunakan sistem bisnis save-time, kosmetik, dan battle pass untuk model bisnisnya. Player bisa membeli rogue satuan dengan uang asli atau langsung membeli bundlenya yang terbagi atas beberapa rogue.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.