Rekomendasi Merk Kecap Enak Legendaris

oleh -349 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kecap salah satu bahan pokok yang pasti selalu ada di dapur masyarakat Indonesia. Kecap sangat dekat dengan berbagai olahan khas Indonesia seperti sate, nasi goreng, teman aneka bumbu kacang hingga semur. Bahkan makan telur mata sapi dan kerupuk yang diolesi kecap saja sudah terasa nikmat. (cva)

Bumbu masakan yang berbahan dasar kedelai dan gula ini, dipakai untuk memberikan rasa manis sekaligus sedikit gurih pada masakan. Tak hanya kecap manis, kecap asin pun tak luput untuk memberikan cita rasa enak pada masakan. Di Indonesia terdapat beberapa merek kecap populer yang legendaris. Berikut ini, ada 11 rekomendasi merek kecap enak legendaris beserta harganya.

1. Kecap Bango

Merek yang satu ini melekat dengan kata ‘malika’. Kecap Bango telah ada di Indonesia sejak 1928. Kualitasnya pun tak main-main karena terbuat dari biji kedelai hitam berkualitas tinggi varietas mallika. Kemasannya pun bervariasi mulai dari botol gelas, botol plastik, isi ulang, hingga sachet. Harganya mulai dari Rp1176 untuk kemasan sachet hingga Rp350 ribu untuk paket per dusnya.

2. Kecap ABC

Kecap ABC juga salah satu kecap enak legendaris. Mengutamakan kualitas produk dan juga memprioritaskan kebutuhan konsumen, kecap ini menjadi primadona bagi para ibu rumah tangga. Bagi kamu yang bingung akan masak apa hari ini, website kecap ABC memberikan berbagai resep masakan yang bisa kamu coba, lho. Dengan harga Rp1600 kamu sudah bisa mendapatkan kecap ini. Atau bagi kamu yang ingin membelinya secara partai besar harga yang ada mencapai Rp465 ribu per dusnya.

3. Kecap Menjangan

Tahun 1929, PT. Dwi Wono Sari Rasa menjadi salah satu pelopor kecap asin terbaik dengan produknya Kecap Asin Cap Menjangan. Kecap Cap Menjangan itu pun berkembang seiring berjalannya waktu. Hingga kini merk tersebut menghadirkan bermacam-macam produk lain selain kecap asin dan masih terus berkembang untuk memenuhi selera masyarakat Indonesia. Kecap Cap Menjangan dibandrol dengan harga Rp6000 – Rp33 ribu per botol.

4. Kecap Sedaap

Satu lagi kecap yang familiar adalah kecap Sedaap. Merk satu ini menggunakan bahan-bahan alami bermutu tinggi dan sistem pengolahan yang canggih. Seluruh bahan terolah dengan fermentasi alami serta penyaringan multifitrasi hingga tiga kali penyaringan. Kualitasnya pun tak lagi diragukan. Kecap Sedaap dijual dengan harga Rp1900 – Rp456 ribu sesuai dengan varian kemasan serta jumlah pembeliannya.

5. Kecap SH

Kecap legendaris lainnya adalah Kecap Benteng Sh. Berasal dari Tangerang, kecap ini sudah bertahan selama 101 tahun. Kecap ini sendiri sudah cukup populer sejak tahun 1920. Kepopulerannya tidak hanya di warung kaki lima saja, tetapi juga di restoran-restoran besar daerah Tangerang dan Banten. Rentang harga kecap ini berkisar dari Rp5000 untuk ukuran ekonomis dan untuk partai besar mencapai Rp365 ribu.

6. Kecap Matahari

Kecap ikan satu ini akan membuat masakanmu beraroma khas yang menggugah selera. Ini menyatu dengan cita rasa masakan tanpa membuat masakanmu terlalu amis dan tetap gurih. Kemasan kecap ini biasanya berbentuk kaleng dan cocok digunakan untuk chinese food. Harganya sekitar Rp20 ribu – Rp253 ribu, tergantung dengan ukuran kemasan serta banyaknya.

7. Kecap Udang Purwodadi

Kecap legendaris asal Jawa Tengah ini berciri khas label berwarna kuning terang dengan gambar udang berwarna merah. Kemasannya dalam botol akca dan plastik. Cara pengolahannya pun masih manual tanpa mesin canggih. Meski demikian, kualitas dan cita rasanya tetap terjaga. Hal ini tidak lain karena bahan baku berupa kedelai, gula jawa dan garam berkualitas serta tanpa bahan pengawet. Jadi, kecap ini hanya bertahan 2-3 bulan saja, ya, Bela. Harga kecap legendaris ini sekitar Rp11 ribu – Rp30 ribu per botol.

8. Kecap Mirama

Kecap Mirama adalah pionir kecap di Semarang mulai dari 90 tahun silam. Memiliki cita rasa rempah yang kuat, kecap ini cocok untuk digunakan dalam campuran masakan mi meski tak mengurangi cita rasa lezat untuk masakan lain. Kecap Mirama memiliki harga jual sekitar Rp30 ribu – Rp52 ribu per botol.

9. Kecap Cap Zebra

Merk asal Bogor ini sudah ada sejak tahun 1945. Kecap ini menggunakan bahan kedelai hitam pilihan yang telah terfermentasi selama 1 bulan. Kemudian dicampur dengan gula kelapa, garam, bumbu dan air. Prosesnya yaitu dengan cara tradisional baik dari fermentasi, pengolahan hingga pengemasan, semuanya Hand-Made sehingga tercipta rasa yang gurih dan manis serta memiliki aroma yang khas. Harganya cukup murah dari Rp2500 – Rp10 ribu per kemasan.

10. Kecap Korma

Tak hanya menyajikan cita rasa yang tiada dua, pemilik merek kecap Korma juga selalu menyisihkan 2,5 persen pendapatannya untuk membantu sesama yang kurang beruntung. Jadi saat kamu membeli kecap ini, secara tidak langsung turut andil dalam membantu sesama. Wah, menarik dan mulia sekali, ya. Kecap Korma dijual dari harga Rp8000 untuk kemasan kecil hingga Rp276 ribu untuk kemasan besarnya.

11. Kecap Sate

Bernama Kecap Cap Orang Jual Sate, awalnya didirikan oleh Ong Tjien Boen pada 1889 di Probolinggo, Jawa Timur. Saat itu kecap ini masih memakai nama Bintang Bidadari. Debut dengan merk Cap Orang Jual Sate ketika perusahaan dikendalikan oleh Nyoo Tjing Hien.

Sesuai namanya, kecap ini paling nikmat tersaji sebagai bumbu sate. Potongan bawang merah dan bumbu rahasia menjadi racikan sate khas Probolinggo. Kecap ini menjadi salah satu bumbu wajib orang-orang Probolinggo. Harga kecap Sate adalah Rp6300 untuk varian kecil hingga Rp365 ribu untuk pembelian partai besar.

Itu dia 11 rekomendasi merek kecap enak legendaris Indonesia beserta harganya. Di rumahmu, ada merk yang mana, nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *