Ritual India yang Bakal Bikin Kamu Menganga! (Part 1)

oleh -158 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Salah satu hal yang membuat sebuah negara unik dan spesial, adalah keberagaman kultur dan budayanya. Salah satunya, India yang sangat terkenal dengan nilai tradisi dan ritual yang begitu indah dan kaya, sehingga mampu menarik perhatian dunia. (cva)

Namun, beberapa tradisi dan ritual India nyatanya cukup menarik dan berbeda. Melansir dari indiatimes.com, berikut adalah beberapa ritual India terkait yang akan membuatmu menganga seketika saking takjubnya. Penasaran apa saja?

1. Veni Daan di Allahabad

India memiliki ritual aneh, yang biasa pasangan Hindu yang tinggal di area bernama Allahabad dan Mahrashtra lakukan. Tepatnya dalam pernikahan Hindu, pasangan suami-istri akan berjanji untuk menghabiskan tujuh masa hidup bersama melalui ritual Veni Daan.

Ritual itu sendiri hanya terdapat di Allahabad. Mereka akan menyelenggarakan perayaan besar dengan ciri khas sang istri mengenakan pakaian tradisional, mengikat rambutnya ke belakang. Kemudian ketika upacara selesai, sang istri harus duduk di pangkuan suami untuk membiarkan seikat rambut dipotong dan dipersembahkan ke sungai.

2. Melempar bayi di Maharashtra dan Karnataka

Siapa yang menyangka bahwa penduduk Maharashtra dan Karnataka memiliki tradisi yang paling menakutkan, yaitu ritual melempar bayi. Kegiatan turun-temurun ini berlangsung pada Desember dengan melibatkan ayah dan bayi yang baru saja lahir.

Awalnya, sang ayah akan menaiki tangga atau dinding candi dengan bayi di tangan atau menggendongnya di belakang. Begitu mencapai puncak, bayi tersebut akan segera ia serahkan kepada pria yang berdiri di puncak dengan mengayunkannya bolak-balik.

Dari situ, pria tersebut akan menjatuhkan sang bayi dari ketinggian sekitar 10-15 meter. Tentu, sekelompok pria menunggu di bawah sambil memegang selimut, untuk mendapatkan bayi tersebut, yang nantinya akan mereka berikan kembali kepada sang ibu. Tradisi ini dianggap akan memberikan kesehatan dan kekuatan yang prima hingga hidup dengan umur yang panjang.

3. Aghoris Kanibalistik

India memiliki beragam sekte yang cukup terkenal, seperti sekte Aghoris Kanibalistik yang memuja Dewa Shiwa. Dalam kepercayaannya tersebut, para pengikut meyakini bahwa segala sesuatu yang tersedia oleh alam dapat mereka konsumsi. Tanpa terkecuali manusia.

Itu artinya, jelas bahwa Aghoris Kanibalistik memang melakukan kegiatan ‘melahap’ manusia. Biasanya, mereka melakukannya dengan menyeret mayat dari sungai, merenungkannya, lalu mencabik-cabik setiap anggota tubuh untuk dilahap mentah-mentah. Tidak ketinggalan, tulang dan tengkorak diolah sebagai wadah makanan.

4. Festival Aadi di Tamil Nadu

Berbicara mengenai festival yang cukup terkenal di India, kamu perlu mengetahui Festival Aadi di Tamil Nadu. Festival ini sangat dinikmati oleh para penduduk desa hingga mampu melibatkan ratusan orang yang tergabung dalam kegiatan festival.

Pada intinya, kegiatan ini meliputi ratusan penduduk desa yang akan berbaris di luar kuil. Di sana, para pemuka agama memecahkan kelapa di atas kepala setiap orang. Meskipun cedera medis cenderung terjadi hingga memperoleh peringatan, ritual ini masih saja tetap berlangsung.

4. Dhinga Gavar di Jodhpur

Festival Rajasthani Gangaur merupakan salah satu festival yang cukup terkenal di India. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa Dhinga Gavar merupakan perpanjang dari festival tersebut, dengan cara diselenggarakan secara terpisah di Jodhpur.

Tepatnya di 11 lokasi di kota Jodhpur setelah matahari terbenam. Patung Dhinga Gavar yang merupakan permaisuri Shiwa, akan mereka hias dengan pakaian Rajasthani dan sarat dengan ornamen emas. Kemudian, Dewa tersebut pun ditawari ganja dan buah kering.

Tak berhenti di situ, pada malam hari, para perempuan harus mengenakan pakaian khusus dan melakukan parade di jalan-jalan dengan tongkat panjang di tangan. Para pria yang mendekati setiap perempuan, akan dipukul dengan tongkat demi memberi kemakmuran.

Itulah tadi beberapa ritual India yang akan bikin kamu menganga saking takjubnya! Tunggu part 2, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *