Tips Awet Menyimpan Daging Kurban

oleh -141 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada saat hari raya idul adha, tentunya identik dengan berkurban. Daging kurban yang banyak di dapat juga terkadang bisa dikonsumsi dalam satu hari sekaligus. Daging memiliki permukaan yang basah yang bisa menyebabkan daging rusak dan membusuk. Kali ini kita akan membahas tips awet menyimpan daging kurban yang bisa kamu lakukan. (tika)

1. Hindari mencuci daging

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari mencuci daging. Mencuci daging dapat membuat bau daging menjadi tajam dan tidak sedap. Bukan hanya itu saja, air yang sudah meresap dapat membuat tekstur daging menjadi mudah rusak.

2. Potong daging menjadi beberapa bagian

Tips selanjutnya yaitu jangan lupa untuk memotong daging menjadi beberapa bagian kecil kecil. Memotong daging menjadi beberapa bagian dapat memudahkanmu mencairkan daging setelah dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer.

3. Bungkus daging

Membungkus daging atau menaruh di wadah penting untuk menghindari freezer burn  terutama untuk daging dengan kadar lemak yang tinggi. Freezer burn yaitu kondisi permukaan daging diselimuti kristal es yang berasal datu molekul air yang menguap.

4. Masukkan kulkas atau freezer

Terlebih dahulu pastikan kondisi kulkas dan freezer bekerja dengan baik dan dalam kondisi yang bersih. Jika kotor, maka bersihkan agar bakterj yang ada tidak mengontaminasi daging. Kamu juga perlu memerhatikan suhu kulkas dan freezer agar menjaga kualitas daging selama di simpan.

5. Catat tanggal

Mencatat tanggal membantu untuk mengontrol kapan waktu penyimpanan daging dan jenis daging yang sudah kamu simpan. Pada suhu standar, daging merah seperti daging sapi  dan kambing bisa di simpan selama 4-5 hari. Sedangkan pada suhu freezer bisa di simpan hingga 4-12bulan.

Nah, itulah tips awet menyimpan daging kurban. Namun, alangkah baiknya lebih cepat kamu olah menjadi santapan yang lezat.

Baca juga:

Manfaat Alpha Arbutin dalam Kandungan Skincare

Makanan Pembakar Lemak di Dalam Tubuh (Bagian 1)

Manfaat Soybean Oil Untuk Kesehatan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.