Tips Rawat GPU Agar Tahan Lama (Part 2)

oleh -87 views
GPU

ZETIZEN RADAR CIREBON – GPU merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sebuah komputer. Komponen ini bertugas untuk memberikan kemampuan dan performa yang dibutuhkan penggunanya dalam bermain game, maupun melakukan pengolahan grafis. Permasalahan GPU yang sering dialami pengguna adalah overheat, termasuk di antaranya melakukan overclock pada komponen ini. Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus bisa rawat GPU tersebut. (mrg)

Berikut adalah tips rawat GPU agar bisa tahan lama.

Hindari Overclock Berlebih

Overclock juga merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari GPU. Kebanyakan orang melakukan overclock untuk mendapatkan performa lebih dari GPU yang mereka miliki, sehingga kemampuannya akan menjadi sedikit lebih baik.

Sebisa mungkin, hindari overclock berlebih, karena akan memaksa GPU ntuk bekerja lebih keras dari kemampuan yang seharusnya. Selain itu, hal ini tentu akan sangat mempengaruhi suhu dan keawetan suatu GPU.

Baca juga : Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak (Part 1)

Pastikan Fan GPU Terpasang dengan Baik

Nah, buat yang memiliki GPU berumur dan sudah mengganti thermal paste, selalu pastikan fan GPU sudah terpasang dengan baik. Fan yang tercolok dengan baik akan dapat mendinginkan seluruh komponen GPU tanpa masalah. Hal ini merupakan salah satu faktor penting untuk merawat GPU agar bisa awet dan tahan lama.

Bila fan pada GPU mengalami masalah, seperti tidak berputar atau lambat, coba pastikan kabel fan terpasang dengan baik. Namun, bila fan tersebut tidak berputar, mungkin sudah saatnya mengganti fan GPU dengan yang baru.

Matikan Arus Listrik Sebelum Melepas GPU

Hal ini pernah terjadi kepada seorang teman penulis, loh brott. Entah bagaimana seorang teman tersebut lupa akan hal ini, dan yang terjadi selanjutnya adalah ia tersengat aliran listrik. Jadi, selalu pastikan untuk mematikan tombol on/off di PSU dan cabut kabel dari terminal sebelum ingin melepas GPU.

Selain berbahaya bagi pemilik komputer, hal ini juga sangat berbahaya untuk komponen GPU ini, karena ada kemungkinan terkena arus pendek.

Itulah tips rawat GPU dengan baik agar GPU mu bisa bertahan lama.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.