Tips Rawat GPU Agar Tahan Lama (Part 1)

oleh -150 views
GPU

ZETIZEN RADAR CIREBON – GPU merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sebuah komputer. Komponen ini bertugas untuk memberikan kemampuan dan performa yang dibutuhkan penggunanya dalam bermain game, maupun melakukan pengolahan grafis. Permasalahan GPU yang sering dialami pengguna adalah overheat, termasuk di antaranya melakukan overclock pada komponen ini. Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus bisa rawat GPU tersebut. (mrg)

Berikut adalah tips rawat GPU agar bisa tahan lama.

Periksa Sirkulasi Udara pada Casing Secara Berkala

Tips rawat GPU yang pertama adalah periksa sirkulasi udara pada casing. Sirkulasi udara memiliki pengaruh yang sangat besar untuk membuat GPU tetap awet dan tahan lama. Dengan memiliki sirkulasi udara yang baik, suhu semua komponen dapat dialirkan secara efisien, sehingga dapat mencegah udara panas yang terperangkap dalam casing.

Meskipun digunakan pada ruang ber-AC, idealnya sebuah komputer menggunakan setidaknya 3 fan, dengan 2 sebagai intake, dan 1 sebagai exhaust. Dengan melakukan hal ini, dipastikan sirkulasi udara tidak akan menjadi suatu masalah.

Baca juga : Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak (Part 1)

Jangan Asal Memberi Thermal Paste

GPU mengalami panas berlebih atau overheating meskipun kamu membelinya baru-baru ini? Jangan terburu-buru untuk mengganti thermal paste yang ada pada GPU tersebut, karena akan langsung menghilangkan garansi loh.

Coba perhatikan beberapa tips sebelumnya, mungkin ada kaitannya dengan sirkulasi udara di dalam casing atau bisa saja kamu melakukan overclock. Bila memang tidak ada perubahan berarti setelah melakukan tips sebelumnya, coba hubungi toko di mana kamu membelinya untuk mendapatkan solusi.

Pantau Suhu GPU Secara Berkala

Memantau semua suhu komponen-komponen dalam komputer, termasuk GPU bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi seperti HWInfo. Dengan aplikasi ini setidaknya kamu dapat memiliki gambaran suhu pada suatu komponen, sehingga bila ada sedikit masalah, kamu akan dapat langsung mengatasinya.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.