Unik! Jamur ini Dapat Bersinar Dalam Gelap

oleh -284 views

Zetizen Radar Cirebon – Jamur Luminescent / Luminesensi adalah jamur unik yang dapat bersinar dalam gelap, akibat adanya pengaruh dari Bioluminescence / Bioluminesensi yang dimilikinya. Bioluminescence yaitu suatu emisi cahaya yang berasal dari makhluk hidup yang mana berasal dari suatu reaksi kimia tertentu. Jamur sendiri mengeluarkan cahaya tersebut guna menarik perhatian serangga untuk membantu proses penyebaran spora yang dimilikinya. (Susan)

Berikut adalah deretan jamur unik yang dapat menyala dalam gelap :

1. Mycena chlorophos

Mycena chlorophos
Source by Flickr

Para ahli botani pertama kali menemukannya pada tahun 1860. Jamur unik ini tumbuh secara endemik di sebagian wilayah subtropis yakni Indonesia, Jepang, Taiwan, Srilanka, Polinesia, juga di wilayah Australia dan Brazil. Ia punya payung yang putih dan batang yang agak transparan. Mycena chlorophos tumbuh bergerombol namun tidak saling menyatu satu sama lain. Ia hidup di batang pohon, ranting, kulit kayu, maupun puing-puing kayu.

2. Mycena lucentipes

Mycena lucentipes
Source by pinterest

Jamur Mycena lucentipes, secara harfiah berarti ‘batang bersinar’. Merupakan jamur yang batangnya bersinar diantara 70 spesies jamur bioluminescene lainnya. Jamur inilah yang merupakan spesies yang paling terang sampai-sampai dapat menciptakan ilusi bahwa topi jamur tersebut juga ikut bersinar dalam gelap. Jamur ini terdapat di hutan hujan Brazil dan Puerto Rico.

3. Mycena luxaeterna

Mycena luxaeterna
Source by pinterest

Jamur ini memiliki topi yang berwarna cokelat keabu-abuan atau kuning keabu-abuan. Selanjutnya memiliki batang tipis dan rapuh, terselimuti gel yang memancarkan bioluminescene berwarna kuning atau hijau. Mycena luxaeterna tidak bersinar saat siang hari, melainkan pada saat malam hari cahayanya baru akan muncul. Kemudian, ia hanya di hutan hujan Brazil dan hidup pada ranting-ranting pohon yang membusuk.

4. Panellus stipticus

Panellus stipticus
Source by Wikipedia

Spesies ini tersebar di Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Utara. Jamur Panellus stipticus tidak dapat dikonsumsi. Di samping itu, jamur ini hidup dengan tumpang tindih di batang kayu, tunggul, dan batang pohon gugur seperti pohon oak.

5. Omphalotus olearius

Omphalotus olearius
Source by Kiddle

Lebih terkenal dengan sebutan jack-o’-lantern. Merupakan jamur berwarna oranye yang beracun, meski tidak mematikan apabila mengkonsumsi jamur ini tetapi dapat menyebabkan kram yang sangat parah, muntah, dan bahkan diare. Ia hidup di tunggul yang membusuk, akar yang terkubur, atau di dasar pohon kayu yang keras. Jamur Omphalotus olearius terdapat di daerah hutan di Eropa.

Baca juga : Kenali Ragam Jamur Paling Eksotis (Part 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.