5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Putus Asa

oleh -167 views
putus asa

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah Anda merasa putus asa tentang kemampuan Anda untuk keluar dari utang atau Anda merasa putus asa tentang hampir semua hal dalam hidup, itu adalah perasaan yang mengerikan. Merasa terjebak di tempat keputusasaan membuat hidup menjadi sangat sulit. (herdi)

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda merasa putus asa untuk membuat hidup sedikit lebih baik tidak peduli betapa buruknya hal itu.

Berdebat yang Berlawanan

Ketika Anda merasa putus asa, Anda mungkin akan memikirkan semua alasan mengapa tidak ada yang menjadi lebih baik. Jadi luangkan beberapa menit untuk berdebat sebaliknya.

Apa buktinya bahwa segala sesuatunya mungkin berjalan lebih baik dari yang Anda harapkan? Atau bagaimana hal-hal sebenarnya bisa menjadi lebih baik?

Berpikir sedikit tentang potensi positif dapat membuka lebih banyak kemungkinan. Dan meskipun ada kemungkinan bahwa segala sesuatunya tidak akan menjadi baik, ada juga kemungkinan bahwa hal itu tidak akan menjadi seburuk (atau tetap buruk) seperti yang Anda antisipasi.

Pikirkan Tentang Apa yang Anda Dapatkan Dari Keputusasaan

Memikirkan apa yang Anda peroleh dari menjadi putus asa terdengar seperti latihan yang aneh di permukaan. Lagi pula, Anda mungkin berpikir, “Saya tidak mendapatkan apa-apa. Aku tidak ingin merasa seperti ini.”

Tetapi, setelah sedikit merenung, Anda mungkin menemukan bahwa perasaan putus asa melindungi Anda dari kekecewaan. Jika Anda tidak mengharapkan sesuatu yang baik terjadi, maka tidak perlu khawatir akan kecewa jika semuanya berjalan buruk.

Terlibat dalam Pemecahan Masalah

Keputusasaan, menurut definisi, adalah keyakinan bahwa segala sesuatunya tidak akan menjadi lebih baik atau bahwa Anda tidak dapat berhasil. Tapi, selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah atau untuk mengubah perasaan Anda tentang masalah tersebut.

Luangkan waktu untuk memikirkan solusi potensial untuk masalah tersebut. Lakukan brainstorming ide dan ingatlah, Anda bahkan tidak perlu ide bagus. Lihat saja apakah Anda dapat menemukan sebanyak mungkin strategi untuk mengatasi suatu masalah.

Bicaralah dengan Teman Tepercaya atau Anggota Keluarga

Saat Anda berjuang untuk mengidentifikasi solusi yang mungkin atau Anda kesulitan melepaskan diri, hubungi teman atau anggota keluarga yang tepercaya. Beri tahu mereka apa yang Anda alami.

Mereka mungkin dapat membantu Anda melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Atau, mereka mungkin menawarkan strategi yang dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Kembangkan Rencana

Setelah Anda mengembangkan ide sendiri dan/atau dengan orang lain, buatlah rencana. Putuskan langkah apa yang akan Anda ambil terlebih dahulu.

Ingatlah bahwa jika rencana A tidak berhasil, Anda selalu dapat memiliki rencana B. Pikirkan rencana Anda sebagai eksperimen dan tugas Anda adalah menjalankan eksperimen sebanyak mungkin sampai Anda menemukan apa yang berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.