5 Peran Penting yang Bisa Dilakukan Oleh Emosi

oleh -132 views
emotions

ZETIZEN RADAR CIREBON – Emosi dipengaruhi oleh jaringan struktur yang saling berhubungan di otak yang membentuk apa yang dikenal sebagai sistem limbik. Struktur kunci termasuk hipotalamus, hipokampus, amigdala, dan korteks limbik memainkan peran penting di dalamnya dan respons perilaku. (herdi)

Baca Juga : Perbedaan Pyunkang Yul Essence Toner dan Pyunkang Yul Mist Toner

Tiga Komponen Emosi

Untuk benar-benar memahami emosi, penting untuk memahami tiga komponen penting dari sebuah emosi.

  • Komponen subjektif: Ini adalah bagaimana Anda mengalami emosi.
  • Fisiologis. Ini melibatkan bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap emosi.
  • Komponen ekspresif: Ini melibatkan bagaimana Anda berperilaku dalam menanggapi emosi.

berikut adalah 5 peran penting yang dilakukannya :

1. Memotivasi Anda untuk Bertindak

Saat menghadapi ujian yang menegangkan, Anda mungkin merasa sangat cemas tentang apakah Anda akan berprestasi dengan baik dan bagaimana ujian tersebut akan memengaruhi nilai akhir Anda. Karena respons emosional ini, Anda mungkin lebih mungkin untuk belajar.

Karena Anda mengalaminya tertentu, Anda memiliki motivasi untuk mengambil tindakan dan melakukan sesuatu yang positif untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan nilai bagus.

2. Membantu Anda Menghindari Bahaya

Naturalis Charles Darwin adalah salah satu peneliti paling awal yang secara ilmiah mempelajari emosi. Dia percaya bahwasannya adalah adaptasi yang memungkinkan manusia dan hewan untuk bertahan hidup dan bereproduksi.

Dia menyarankan bahwa tampilan emosional juga bisa memainkan peran penting dalam keselamatan dan kelangsungan hidup. Jika Anda menemukan hewan yang mendesis atau meludah, itu akan menunjukkan dengan jelas bahwa makhluk itu marah dan defensif, sehingga Anda mundur dan menghindari kemungkinan bahaya.

3. Membantu Anda Membuat Keputusan

Emosi Anda memiliki pengaruh besar pada keputusan yang Anda buat, dari apa yang Anda putuskan untuk sarapan hingga kandidat mana yang Anda pilih untuk dipilih dalam pemilihan politik.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang dengan jenis kerusakan otak tertentu yang memengaruhi kemampuan mereka untuk mengalami emosi juga memiliki penurunan kemampuan untuk membuat keputusan yang baik.

4. Membantu Orang Lain Memahami Anda Lebih Baik

Ketika Anda berinteraksi dengan orang lain, penting untuk memberikan petunjuk untuk membantu mereka memahami perasaan Anda. Isyarat ini mungkin melibatkan ekspresi emosional melalui bahasa tubuh. Seperti berbagai ekspresi wajah yang berhubungan dengan emosi tertentu yang Anda alami.

Dalam kasus lain, ini mungkin melibatkan pernyataan langsung tentang perasaan Anda. Ketika Anda memberi tahu teman atau anggota keluarga bahwa Anda merasa bahagia, sedih, gembira, atau takut, Anda memberi mereka informasi penting yang kemudian dapat mereka gunakan untuk mengambil tindakan.

5. Memungkinkan Anda Memahami Orang Lain

Sama seperti emosi Anda sendiri yang memberikan informasi berharga kepada orang lain. Ekspresi emosional orang-orang di sekitar Anda juga memberikan banyak informasi sosial. Komunikasi sosial adalah bagian penting dari kehidupan dan hubungan sehari-hari Anda. Dan kemampuan untuk menafsirkan dan bereaksi terhadap emosi orang lain adalah penting.

Ini memungkinkan Anda untuk merespons dengan tepat dan membangun hubungan yang lebih dalam dan bermakna dengan teman, keluarga, dan orang yang Anda cintai. Ini juga memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi sosial. Mulai dari berurusan dengan pelanggan yang marah hingga mengelola karyawan yang pemarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.