6 Cara Mengembangkan Konsentrasi dan Fokus Mental

oleh -162 views
mental focus

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah Anda mencoba untuk menyelesaikan laporan di tempat kerja atau bersaing dalam maraton, kemampuan Anda untuk fokus dapat berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Meningkatkan fokus mental Anda dapat dicapai, tetapi itu tidak berarti bahwa itu selalu cepat dan mudah. Jika itu sederhana, maka kita semua akan memiliki konsentrasi yang tajam dari seorang atlet elit. (herdi)

Ini akan membutuhkan upaya nyata dari Anda dan Anda mungkin harus membuat beberapa perubahan pada beberapa kebiasaan sehari-hari Anda. Berikut adalah beberapa tip dan trik dari psikologi yang dapat membantu Anda mengembangkan fokus dan konsentrasi mental seperti laser.

1. Menilai Kesehatan Mental Anda

Sebelum Anda mulai bekerja untuk meningkatkan fokus mental Anda, Anda mungkin ingin memulai dengan menilai seberapa kuat fokus mental Anda saat ini.

Kalau Anda sudah memiliki keterampilan konsentrasi yang cukup baik, maka Anda bisa menjadi lebih kuat dengan sedikit latihan.

Namun kalau belum, maka Anda mungkin perlu sedikit melatih fokus mental Anda. Mungkin perlu waktu, tetapi mempraktikkan beberapa kebiasaan baik dan memperhatikan keteralihan Anda dapat membantu.

2. Hilangkan Gangguan

Meskipun mungkin terdengar jelas, orang sering meremehkan betapa banyak gangguan yang menghalangi mereka untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada. Gangguan seperti itu mungkin datang dalam bentuk radio yang menggelegar di latar belakang atau mungkin rekan kerja yang menjengkelkan yang terus-menerus mampir ke bilik Anda untuk mengobrol.

Meminimalkan sumber gangguan ini tidak selalu semudah kedengarannya. Meskipun mungkin semudah mematikan televisi atau radio, Anda mungkin merasa jauh lebih sulit untuk berurusan dengan rekan kerja, pasangan, anak, atau teman sekamar yang mengganggu.

3. Batasi Fokus Anda

Sementara multitasking mungkin tampak seperti cara yang bagus untuk menyelesaikan banyak hal dengan cepat, ternyata orang sebenarnya agak buruk dalam hal itu. Menyelesaikan banyak tugas sekaligus dapat secara dramatis mengurangi produktivitas dan membuatnya lebih sulit untuk mengasah detail yang benar-benar penting.

Pikirkan perhatian Anda sebagai sorotan. Jika Anda menyorotkan sorotan itu pada satu area tertentu, Anda dapat melihat sesuatu dengan sangat jelas. Jika Anda mencoba menyebarkan jumlah cahaya yang sama ke seluruh ruangan gelap yang besar, Anda mungkin hanya melihat sekilas garis bayangan.

4. Hidup di saat ini

Sulit untuk tetap fokus secara mental ketika Anda merenungkan masa lalu, mengkhawatirkan masa depan, atau mengabaikan momen saat ini karena alasan lain.

Anda mungkin pernah mendengar orang berbicara tentang pentingnya “hadir”. Ini semua tentang menyingkirkan gangguan. Apakah itu fisik atau psikologis dan terlibat sepenuhnya secara mental pada saat ini.

5. Melatih perhatian Penuh (Mindfulness)

Perhatian penuh adalah topik hangat saat ini, dan untuk alasan yang bagus. Terlepas dari kenyataan bahwa orang telah mempraktikkan bentuk-bentuk meditasi kesadaran selama ribuan tahun, banyak manfaat kesehatannya baru mulai dipahami.

Dalam satu penelitian, para peneliti meminta profesional sumber daya manusia terlibat dalam simulasi jenis multitasking kompleks yang mereka lakukan setiap hari di tempat kerja.

6. Istirahat sejenak

Pernahkah Anda mencoba untuk fokus pada hal yang sama untuk jangka waktu yang lama? Setelah beberapa saat, fokus Anda mulai rusak dan menjadi semakin sulit untuk mencurahkan sumber daya mental Anda untuk tugas itu. Tidak hanya itu, tetapi kinerja Anda akhirnya menderita sebagai hasilnya.

Penjelasan tradisional dalam psikologi telah menyarankan bahwa ini disebabkan oleh sumber daya perhatian yang terkuras. Tetapi beberapa peneliti percaya bahwa itu lebih berkaitan dengan kecenderungan otak untuk mengabaikan sumber stimulasi konstan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.