Alasan Mengapa Jamur Truffle Harganya Mahal

oleh -83 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Pernahkah kamu mendengar jamur truffle yang memiliki harga yang fantastis? Jamur truffle juga di klaim sebagai jamur termahal di dunia lho. Jamur ini memiliki harga puluhan bahkan ratusan juta untuk beberapa kilogramnya saja. Nah, kali ini kita akan membahas alasan mengapa jamur truffle harganya mahal. (Tika)

1. Keberadaan terbatas

Kini jamur truffle di temukan di lebih dari 36 negara namun keberadaannya masih cukup langka dan terbatas. Apalagi untuk kamu yang tinggal di luar kawasan Eropa. Nah, jamur ini memiliki dua jenis yaitu jamur truffle hitam dan putih. Jamur truffle hitam atau Tuber melanosporum tumbuh subur di wilayah perigord yaitu kawasan Barat Daya Perancis saat bulan September hingga Desember. Sedangkan truffle putih atau Tuber magnatum di temukan di Piedmont kawasan Utara Italia. Kamu bisa temukan saat musim dingin dan musim gugur terjadi.

2. Sulit dibudidayakan

Selanjutnya alasan mengapa jamur truffle mahal adalah jamur ini tumbuh secara alami di alam bebas dan pembudidayaannya yang terbilang sulit. Untuk membudidayakannya kamu harus terlebih dahulu menanam pohon ek, poplar, beech, dan hazel sebagai habitat alami jamur ini. Cara mengambilnya pun masih diclakukan dengan cara memetik langsung dari alam.

3. Panen yang lama

Masa panen jamur truffle juga lama yaitu  bisa memakan waktu 4 hingga 7 tahun sebelum truffle pertama muncul. Kalaupun muncul belum tentu jamur tersebut bisa tumbuh hingga benar-benar siap di panen. Hal ini karena banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan kesuburan jamur truffle seperti kondisi cuaca dan kandungan zat hara di dalam tanah. Selain itu mencari jamur truffle ini juga persaingan dengan hewan liar seperti kelinci, rusa, bahkan babi liar yang menjadikan jamur sebagai pangannya.

4. Manfaat bagi kesehatan

Selain tempat yang terbatas, sulit di budidayakan, dan masa panen yang lama, ternyata jamur truffle memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain memperlancar peredaran darah, mengobati sakit kepala, dan dapat mencegah timbulnya sel kanker. Bukan hanya itu jamur truffle juga membantu pembentukan massa otot tubuh dan juga di gunakan sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Nah, itulah alasan mengapa jamur truffle harganya mahal. Apakah kamu tertarik untuk mencoba?

Baca juga:

Rekomendasi Snacks Rendah Kalori

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan

Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Sosis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *