,

Amalan – Amalan Sunnah di Bulan Muharram

oleh -145 views
Source: islami.co

ZETIZEN RADAR CIREBON- Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah. Dalam ajaran Islam, bulan ini memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, ada anjuran untuk mengerjakan sejumlah amalan pada bulan ini.

Melansir NU Online, Muharram merupakan bulan mulia yang memiliki sejumlah amalan-amalan utama, baik ibadah murni maupun ibadah sosial. Amalan-amalan dan hal-hal yang berkaitan dengan bulan tahun baru Hijriyah, tahun baru Islam, Muharram, dan Syura. (IND)

Salah satu amalan sunnah pada bulan Muharram ialah melaksanakan ibadah puasa. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam sebuah hadits riwauat Abu Hurairah, yang rtinya:

“Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya: ‘Setelah Ramadhan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?’ Nabi SAW menjawab: “Puasa di bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram,” (HR Ibnu Majah).

Banyak sekali amalan sunnah Bulan Muharram yang memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim yang mengerjakannya. Berikut beberapa amalan sunnah di bulan Muharram.

Baca Juga: Berikut ini Adalah Tanggal Steam Sale yang Bocor

Berdoa

Berdoa adalah salah satu amalan di bulan Muharram untuk mengawali tahun baru Islam. Amalan ini dianjurkan karena setiap muslim pasti memiliki banyak harapan yang ingin agar Allah mengabulkannya. Contohnya adalah membaca doa akhir tahun dan awal tahun.

Bersedakah

Salah satu amalan sunnah di bulan Muharram adalah bersedekah. Hal ini tujuannya untuk merayakan tahun baru Islam sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Pasalnya, tahun baru Islam juga sudah dianggap layaknya hari raya, sehingga kita bisa bergembira dengan melakukan sedekah.

Adapun keutamaan bersyukur bagi umat Muslim ialah salah satunya Allah akan menambah nikmat dan melapangkan rizkinya. 

Puasa

Amalan sunnah selanjutnya, yaitu melakukan ibadah puasa sunnah. Setidaknya ada tiga bentuk rangkaian puasa yang kerap dikerjakan pada bulan bulan Muharram, yaitu Puasa pada tanggal 10 Muharram yang disertai puasa sehari sebelum dan sesudahnya, yaitu pada tanggal 9, 10, dan 11 Muharram.

Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.