Art of Breathing! Bernapas Untuk Hidup

oleh -150 views
breathe for mental health

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana Anda bernapas ketika Anda merasa santai? Lain kali Anda santai, luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan bagaimana perasaan tubuh Anda. Atau pikirkan bagaimana Anda bernapas saat pertama kali bangun di pagi hari atau sesaat sebelum Anda tertidur. Latihan pernapasan dapat membantu Anda rileks, karena membuat tubuh Anda terasa seperti saat Anda sudah rileks. (herdi)

Bernapas dalam-dalam adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan stres dalam tubuh. Ini karena ketika Anda menarik napas dalam-dalam, ia mengirim pesan ke otak Anda untuk tenang dan rileks. Otak kemudian mengirimkan pesan ini ke tubuh Anda. Hal-hal yang terjadi ketika Anda stres, seperti peningkatan detak jantung, pernapasan cepat, dan tekanan darah tinggi, semuanya berkurang saat Anda menarik napas dalam-dalam untuk bersantai.

Melatih Seni Bernapas

Fokus bernapas membantu Anda berkonsentrasi pada pernapasan yang lambat dan dalam dan membantu Anda melepaskan diri dari pikiran dan sensasi yang mengganggu. Ini sangat membantu jika Anda cenderung menahan perut.

Langkah pertama. Temukan tempat yang tenang dan nyaman untuk duduk atau berbaring. Pertama, ambil napas biasa. Kemudian coba tarik napas dalam-dalam: Tarik napas perlahan melalui hidung, biarkan dada dan perut bagian bawah naik saat Anda mengisi paru-paru. Biarkan perut Anda mengembang sepenuhnya. Sekarang hembuskan napas perlahan melalui mulut Anda (atau hidung Anda, jika itu terasa lebih alami).

Fokus bernapas dalam latihan. Setelah Anda mengambil langkah-langkah di atas, Anda dapat melanjutkan ke latihan pernapasan terkontrol secara teratur. Saat Anda duduk dengan nyaman dengan mata tertutup, padukan pernapasan dalam dengan citra yang membantu dan mungkin kata atau frasa fokus yang membantu Anda rileks.

Cara untuk mendapatkan respons relaksasi

Beberapa teknik dapat membantu Anda menolak respons terhadap stres. Fokus bernapas membantu hampir semuanya:

  • Relaksasi otot progresif
  • Meditasi kesadaran
  • Yoga, tai chi, dan Qi Gong
  • Dzikir
  • Citra terpandu

Baca Juga : Tips Meditasi Bagi Pemula

Membuat rutinitas

Anda mungkin ingin mencoba beberapa teknik relaksasi yang berbeda untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda. Dan jika pendekatan favorit Anda gagal untuk melibatkan Anda, atau Anda menginginkan beberapa variasi, Anda akan memiliki alternatif. Anda mungkin juga menemukan kiat-kiat berikut ini bermanfaat:

  • Pilih tempat khusus di mana Anda dapat duduk (atau berbaring) dengan nyaman dan tenang.
  • Jangan mencoba terlalu keras. Itu mungkin hanya membuat Anda tegang.
  • terlalu pasif juga tidak bagus. Kunci untuk memunculkan respons relaksasi terletak pada mengalihkan fokus Anda dari stres ke ritme yang lebih dalam dan lebih tenang — dan memiliki titik fokus sangat penting.
  • Cobalah untuk berlatih sekali atau dua kali sehari, selalu pada waktu yang sama, untuk meningkatkan rasa ritual dan membentuk kebiasaan.
  • Coba untuk berlatih setidaknya 10-20 menit setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.