Bagaimana Cara Melakukan Meditasi Kundalini?

oleh -359 views
kundalini meditation

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika Anda ingin menjalani hidup Anda dengan kesadaran dan niat yang lebih besar, salah satu cara untuk memasuki keadaan perhatian yang tinggi ini adalah dengan berlatih meditasi.Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk memulai latihan meditasi Kundalini yang sangat mendasar. Ingatlah bahwa lebih baik memulai dari yang kecil. (herdi)

Pilih komitmen meditasi yang dapat di kelola yang menurut Anda dapat Anda tindak lanjuti setiap hari. Hindari mencoba melakukan terlalu banyak terlalu cepat, yang bisa terasa berlebihan dan menggagalkan usaha Anda. Bahkan lima menit setiap hari meditasi Kundalini kemungkinan akan membantu Anda, jadi jangan meremehkan nilai bahkan dari latihan paling dasar ini.

Baca Juga : Tips Meditasi Bagi Pemula

1. Pilih Lokasi

Mediasi Kundalini bisa di lakukan di mana saja. Idealnya, temukan ruang yang tenang dan bebas gangguan dengan suhu yang nyaman (tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin). Ini harus menjadi tempat yang Anda temukan damai dan di mana Anda tidak akan di ganggu. Ini bisa menjadi tempat di mana Anda mengumpulkan barang-barang favorit Anda. Simpan sebotol air di samping Anda.

2. Pilih Apa yang Akan Di pakai

Berpakaian apa pun yang terasa tepat bagi Anda. Banyak praktisi memilih untuk mengenakan pakaian katun yang longgar, nyaman dan berpotensi menutupi kepala seperti selendang katun. Pakaian Anda harus bersih, segar, dan idealnya berwarna terang untuk meningkatkan kesan ringan.

3. Pilih Kapan Berlatih

Anda dapat berlatih hal pertama di pagi hari untuk menetapkan niat Anda untuk hari itu atau untuk memanfaatkan waktu yang paling kecil kemungkinannya Anda akan terganggu. Atau, Anda bisa berlatih sebelum tidur di malam hari sebagai cara untuk melepas lelah dari hari Anda. Hampir setiap saat bekerja, tetapi cobalah untuk menghindari meditasi setelah makan besar, karena tubuh Anda akan sibuk dengan pencernaan.

4. Masuk ke Posisi

Duduk di lantai bersila atau duduk di kursi dengan berat badan bertumpu pada kaki Anda. Yang terpenting, pilih posisi yang nyaman bagi Anda di mana Anda bisa duduk tegak dengan tulang belakang lurus. Tutup mata Anda dengan lembut sehingga sekitar 90% tertutup. Anda dapat memilih untuk duduk di atas selimut wol atau katun atau meletakkan bantal di bawah Anda untuk kenyamanan.

5. Pilih Durasi Latihan

Ini bisa di mana saja dari tiga menit sampai dua setengah jam. Beberapa pilihan durasi meditasi yang umum adalah 11 menit, 15 menit, 22 menit, 31 menit, dll. Apa pun yang sesuai dengan jadwal dan tujuan Anda adalah sempurna.

6. Pilih Mantra

Saat Anda bernapas, Anda akan mengucapkan mantra untuk membantu Anda fokus. Salah satu contoh yang baik untuk pemula adalah mantra “sat nam”, yang berarti “kebenaran adalah identitas saya”.

7. Mulailah Fokus pada Nafas Anda

Perhatikan pernapasan Anda dan secara bertahap mulai memperlambatnya. Tujuan Anda adalah untuk satu putaran menghirup dan menghembuskan napas selama sekitar tujuh hingga delapan detik. Pecahkan tarikan dan embusan napas Anda menjadi beberapa bagian, sehingga Anda melakukan tarikan napas pendek atau embusan napas yang di pecah oleh jeda.

8. Rasakan Nafas Bergerak

Saat Anda melatih pernapasan dan nyanyian Anda, fokuslah pada bagaimana napas Anda bergerak ke seluruh tubuh Anda dan membantu Anda untuk rileks. Kapan pun pikiran Anda mulai mengembara, secara sadar kembalikan fokus Anda ke napas dan mantra Anda.

9. Selesaikan Meditasi

Lanjutkan siklus pernapasan ini selama waktu mediasi yang telah di tentukan. (Setel pengatur waktu agar Anda tahu kapan harus berhenti.) Selesaikan mediasi dengan menarik napas dalam-dalam, dorong kedua telapak tangan atau angkat tangan ke udara, lalu rileks dan hembuskan.

10. Tingkatkan Meditasi Anda Secara Bertahap

Secara bertahap, usahakan untuk menambah lama waktu Anda bermeditasi. Saat Anda berlatih, fokuslah untuk membiarkan pikiran datang dan pergi, dan perhatikan perasaan energi yang bergerak di sepanjang tulang belakang Anda dan perasaan euforia di tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.