Berubahnya Cuaca Dapat Mempengaruhi Mood

oleh -50 views
mood and weather

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita semua pernah mengalami perasaan tidak enak badan dengan cuaca yang suram, hujan, dan dingin. Beberapa menyebutnya blues musim dingin. Tapi bagaimana tepatnya cuaca mempengaruhi suasana hati kita? Apa saja cara yang berbeda untuk melakukannya, dan apa yang dapat kita lakukan? Sebagian besar penelitian tentang hubungan antara suasana hati dan cuaca menunjukkan bahwa cuaca dapat memiliki efek substansial pada perasaan kita. (herdi)

 Lebih Efektif untuk Orang Negatif

Satu studi tahun 2008 yang mendalam menemukan bahwa cuaca yang baik memiliki efek yang lebih besar dalam meningkatkan suasana hati negatif seseorang daripada yang positif, dengan suasana hati yang negatif meningkat pada hari-hari di mana cuacanya baik, tetapi tidak berpengaruh pada orang-orang yang sudah merasa positif.

Seasonal Affective Disorder Itu Nyata

Seasonal Affective Disorder (SAD), jenis depresi yang datang dan pergi dengan musim, di pastikan ada, dengan perkiraan 10 sampai 20% kasus depresi berulang di temukan mengikuti pola musiman. SAD biasanya di mulai pada musim gugur dan berlangsung selama musim dingin sebelum remisi di musim semi. Perawatan yang di sukai adalah terapi cahaya.

Menurut Institut Kesehatan Mental Nasional, SAD “tidak di anggap sebagai gangguan yang terpisah” dari depresi; pasien mengalami gejala penuh depresi secara musiman. Orang dewasa yang lebih muda dan mereka yang memiliki riwayat keluarga depresi lebih mungkin menderita SAD.

Cuaca Mempengaruhi Mood Sesaat Lebih dari Kesejahteraan Secara Keseluruhan

Salah satu temuan penting adalah bahwa suasana hati kita (kebahagiaan sesaat) lebih di pengaruhi oleh cuaca di bandingkan dengan kesejahteraan kita secara umum. Sebuah penelitian di Jerman pada tahun 1983 memanggil orang-orang pada hari-hari hujan dan cerah untuk bertanya tentang suasana hati mereka saat ini dan kesejahteraan mereka secara umum.

Peserta melaporkan tingkat kebahagiaan sesaat yang lebih tinggi pada hari-hari cerah, sementara pada hari-hari hujan perasaan orang-orang di temukan lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2013 yang lebih baru menemukan bahwa orang yang di survei pada hari-hari yang sangat cerah menunjukkan kepuasan hidup yang lebih tinggi daripapada di hari-hari dengan cuaca biasa. Sementara perasaan ini tampak cepat berlalu dan berubah-ubah dari hari ke hari, ini menunjukkan bahwa cuaca yang baik juga dapat mempengaruhi suasana hati kita secara keseluruhan.

Mengapa Cuaca Mempengaruhi Mood?

Satu studi pada tahun 1979 mencatat bahwa cuaca yang baik dapat mempengaruhi suasana hati melalui asosiasi simbolik. Sederhananya, cuaca yang baik dapat meningkatkan suasana hati dengan merangsang pikiran untuk berenang, piknik, dan jalan-jalan lainnya. Sedangkan hari berawan dapat di kaitkan dengan kekecewaan atas rencana yang di batalkan dan gangguan hujan dan salju.

Kekurangan vitamin D bahkan telah di kaitkan dengan depresi. Vitamin D adalah vitamin yang unik dan penting dan banyak orang tidak mendapatkan cukup vitamin itu. Dengan hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin esensial ini, satu-satunya cara untuk mendapatkan cukup vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari yang cukup, maka julukannya “vitamin sinar matahari.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.