Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

oleh -143 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu termasuk orang yang sering mengantuk saat sedang belajar? Mengantuk pada saat belajar memang sering terjadi pada semua orang dari berbagai usia. Tingkat konsentrasi pelajar cenderung menurun karena mengantuk setelah sekitar 10 menit pertama saat belajar.  Oleh karena itu mari kita bahas bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat belajar. (tika)

1. Tidur yang cukup

Hal pertama yang bisa menghilangkan ngantuk saat belajar adalah tidur yang ukup.  Memiliki gangguan tidur dapat menyebabkan kamu ngantuk pada saat belajar. Cara yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kualitas tidur pada malam hari. Kamu juga bisa melakukan tidur pada siang hari untuk mengembalikan energi yang telah hilang dan membantu meningkatkan memori belajar.

2. Minum air secukupnya

Selanjutnya untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah kamu perlu minum air yang cukup. Hal ini karena kekurangan cairan pada tubuh kamu akan merasa kelelahan, merasa emosional dan mengantuk saat belajar. Maka dari itu pada saat belajar pastikan untuk kamu minum air yang cukup agar tetap fokus belajar.

3. Duduk yang tegak

Kamu bisa menghilangkan rasa ngantuk saat belajar dengan duduk tegak. Usahakan untuk tidak bersandar atau tiduran ketika sedang belajar. Duduk secara tegak akan membantu kamu untuk tidak mengantuk. Hal ini karena aktivitas pada saraf simpatetik berfungsi mengontrol agar tetap fokus. Apabila kamu belajar sambil berbaring maka sistem saraf parasimpatetik yang berfungsi untuk beristirahat akan meningkat.

4. Belajar di tempat terang

Apabila kamu tidur sering dalam kondisi gelap, maka pada saat cahaya kurang memadai maka kamu akan mengantuk. Namun apabila kamu belajar pada cahaya yang terang tubuh akan lebih mudah terjaga dan tidak mengantuk saat belajar. Hal ini karena protein dalam tubuh teraktivasi saat tubuh terpapar oleh sinar. Jadi kalau belajar di tempat yang terang ya.

5. Bergerak

Ketika kamu belajar dan merasa ngantuk cobalah untuk beristirahat sebentar untuk melakukan gerakan seperti menari, berjalan atau melakukan peregangan ringan. Hal ini dapat membantu kamu meredakan stres dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat yang telah kamu pelajari. Melansir dari sehatQ, sebuah studi pada 2018 mengatakan istirahat dengan berjalan 10 menit di luar ruangan bisa membantu meningkatkan kinerja siswa segala usia dalam hal mengingat, menganalisa dan menyelesaikan tugas.

Nah, itulah cara untuk menghilangkan ngantuk saat belajar yang bisa kamu coba. Apalagi di masa pandemi seperti ini kita akan mudah merasa ngantuk ketika belajar melalui virtual tetap semangat belajar ya teman-teman.

Baca juga:

Gaya Belajar : Mengenal Teknik Mencatat Cornell

Kebiasaan Pagi yang Baik Untuk Kesehatan Mental

Kenalan dengan Jurusan Astronomi dan Prospeknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *