Cara Menjaga Kesehatan Lambung

oleh -146 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Lambung adalah salah satu organ bagian dari sistem pencernaan yang sangat penting di dalam tubuh kita. Sistem pencernaan membantu mengolah makanan menjadi bagian yang lebih kecil dengan bantuan gerakan otot di lambung yang dinamakan gerak peristaltik. Bukan hanya itu, di lambung juga terdapat enzim-enzim yang membantu mencerna makanan dan membunuh bakteri di dalam tubuh. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menjaga kesehatan lambung yang mungkin sering kali tidak kita sadari. (Tika)

1. Memerhatikan jam makan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memelihara kesehatan lambung adalah dengan memperhatikan jam makan. Banyak orang yang menyepelekan jam makan sehingga bisa menyebabkan tingginya asam lambung atau yang seringkali kita disebut maag. Maka dari itu usahakan untuk tidak melewatkan sarapan, makan siang dan makan malam pada jam yang sama. Serta, tidak makan sebelum tidur untuk mencegah tingginya asam lambung karena posisi tubuh yang berbaring.

2. Makan dengan porsi kecil

Selanjutnya makan dengan porsi yang kecil. Apabila kamu makan dengan porsi yang besar, maka tekanan dalam lambung menjadi lebih tinggi yang bisa menyebabkan perut begah, sakit perut atau heartburn. Dengan menyesuaikan makan dengan porsi yang kecil, maka dapat memelihara kesehatan lambung. Cobalah untuk mengubah porsi yang biasanya tiga kali sehari bisa sampai 4 sampai 5 kali namun dengan porsi yang lebih sedikit.

3. Minum air secukupnya

Minum air dengan porsi secukupnya sesuai kebutuhan jangan terlalu sedikit juga jangan terlalu banyak. Dengan minum air akan membantu menetralkan pH di lambung saat produksi asam lambung sedang tinggi.  Namun minum air yang terlalu banyak dalam waktu yang singkat dapat membuat mengganggu keseimbangan mineral dalam lambung yang bisa memicu meningkatnya tingginya asam lambung.

4. Mengelola stres

Stres juga bisa mengganggu kesehatan lambung lho. Hal ini karena stres adalah salah satu pemicu GERD. Stres bisa menurunkan produksi hormon prostaglandin yang berfungsi melapisi dinding lambung untuk melindungi dari asam lambung. Kamu bisa mengelola stres dengan melalukan beberapa teknik pernapasan, meditasi, atau melakukan hobi yang bisa membuat bahagia.

Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan lambung yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

Baca juga:

Jus Buah yang Dapat Mencerahkan Wajah

Ini Jamu Tradisional yang Bisa Tingkatkan Daya Imunitas

Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.