DDA40X Centennial, Kereta Api Diesel Terbesar di Dunia

oleh -186 views
Source: RailPictures.Net (Craig Walker)

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dahulu, Union Pacific selalu bereksperimen untuk mengembangkan lokomotif dengan kekuatan yang besar. Mulai dari lokomotif uap raksasa Big Boy, sampai lokomotif diesel raksasa DDA40X Centennial. Yang sampai sekarang masih menjadi lokomotif diesel terbesar di dunia. (Zhorif)

Source: RailPictures.Net (Roger Lalonde)

Di bangun dari tahun 1969 hingga 1971, EMD DDA40X Centennial adalah lokomotif diesel terbesar di dunia. Lokomotif dengan dua mesin 16-645E3A dalam satu rangka ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 6.600 tenaga kuda. Di rancang dan di bangun secara eksklusif untuk Union Pacific, lokomotif-lokomotif tersebut di namai Centennial, untuk menghormati perayaan hari jadi Union Pacific yang ke seratus (centennial) pada tahun 1969.

Baca juga: Union Pacific, Sejarah Perusahaan Kereta Api yang Membangun Amerika

Source: RR Picture Archives (Ted Brumberg)

Raksasa yang di bangun oleh Electro-Motive Diesel sebanyak 47 unit ini mendominasi jaringan dan jalur-jalur utama Union Pacific dari tahun 1970 hingga 1980. Performanya jelas mengalahkan lokomotif-lokomotif diesel lainnya. Bahkan satu rangkaian yang biasanya di tarik oleh lebih dari satu lokomotif, bisa di tarik hanya dengan satu DDA40X Centennial saja.

Source: Roger Puta

Selain menunjukkan kekuatan yang bisa di raih, DDA40X Centennial juga menjadi testbed untuk berbagai eksperimen teknologi untuk meningkatkan perkeretaapian. Mulai dari Advance Excitation yang membuat kereta dapat melaju lebih cepat, sampai Modular Electrical Components yang membuat diagnosis masalah elektronik lebih mudah. Banyak teknologi-teknologi tersebut yang di implementasikan ke lokomotif-lokomotif di masa depan.

Baca juga: Union Pacific Big Boy, Kereta Api Uap Terbesar di Dunia

Source: H. Michael Miley

Walaupun memiliki performa dan efisiensi yang luar biasa, DDA40X cukup mahal untuk di rawat. Terlebih lagi setelah satu dekade beroperasi di jaringan tersibuk. Sehingga membuat Union Pacific mempensiunkannya pada tahun 1984. Saat ini, terdapat 13 unit yang di museumkan. Bahkan satu unit dengan nomor 6936 masih dapat beroperasi dalam excursion spesial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.