Gaya Belajar : Mengenal Teknik Feynman

oleh -108 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Adanya pandemi membuat segala aktivitas serba daring termasuk sekolah. Pembelajaran jarak jauh seringkali membuat kita merasa bingung dan pusing untuk memahami materi. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasi hal ini dengan mengenal teknik Feynman. (Tika)

Teknik ini diciptakan oleh seorang fisikawan Amerika bernama Richard Philips Feynman. Sejak kuliah, beliau sudah terbiasa untuk mencatat dan merekam materi, kemudian menuliskan kembali dengan kalimat yang lebih sederhana. Beliau juga mengajarkan kepada orang-orang yang awam sampai paham. Tak heran, Feynman dijuluki The Great Explainer. Nah yuk langsung aja kita bahas langkah langkah teknik feynman ini.

1. Pilih topik

Langkah pertama untuk mencoba teknik feynman yaitu kamu pilih topik yang ingin kamu pelajari. Cobalah untuk mencari tema atau materi yang berkaitan dengan topik yang ingin kamu bahas. Setelah itu kamu jelaskan judul-judul tersebut menggunakan bahasa kamu sendiri seolah-olah ada yang mendengarkan kamu. Kamu bisa berlatih sendirian di depan kaca, merekam dengan video atau merekam suara dengan perekam suara.

2. Pelajari yang belum kamu mengerti

Namun, bagaimana jika sedang berlatih menjelaskan topik namun di tengah-tengah justru ada yang belum kamu pahami? Jangan khawatir, setelah kamu tulis topik yang ingin kamu pelajari, kamu identifikasi mana topik yang belum kamu mengerti. Kamu bisa mencari materi yang belum kamu mengerti di buku, internet atau bertanya kepada yang lebih ahli seperti guru.

3. Tuliskan dalam bentuk catatan

Setelah kamu mengerti penjelasan materi yang sedang kamu pelajari cobalah untuk menulis ke dalam bentuk catatan dengan lebih sederhana atau dengan bahasa kamu sendiri. Kamu bisa membuat diagram, gambar, atau mindmap yang bisa lebih kamu pahami. Selain itu menuliskan ke dalam bentuk catatan juga membantu kamu mengorganisir agar menjadi lebih rapi dan teratur.

4. Mengajarkan orang lain

Selanjutnya kamu bisa mengajarkan materi yang kamu pelajari kepada orang lain. Mengajarkan suatu materi kepada orang lain seperti teman juga dapat membuat kamu lebih paham lagi. Adanya pertanyaan dari mereka membuat kamu menjadi lebih paham dan bisa mencari lebih lengkap lagi.

Nah, kamu sudah mengenal apa itu teknik feyman. Itulah langkah-langkah teknik feynman yang bisa kamu coba untuk mempermudah belajar dan memahami materi lebih dalam lagi. Apakah kamu tertarik mencoba?

Baca juga:

Jurusan Kuliah Paling Unik di Dunia (Bagian 1)

Jurusan Kuliah Paling Unik di Dunia (Bagian 2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.