Gaya Belajar : Mengenal Teknik Mencatat Cornell

oleh -286 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setelah kemarin kita telah mengenal teknik feynman, kali ini kita akan mengenal teknik mencatat Cornell. Sejak kita SD hingga kuliah pasti tidak terlepas dari kegiatan mencatat. Selama ini kamu mencatat, apakah metode mencatat kamu sudah efektif? Karena tidak sedikit orang yang mencatat tapi tidak mengerti apa yang sedang dicatat. Oleh karena itu mari kita bahas bagaimana teknik mencatat Cornell yang efektif untuk dipelajari. (tika)

Sebelum menuju langkah-langkah teknik mencatat Cornell, kita kenalan dulu yuk dengan siapa yang menciptakan teknik ini. Metode ini sudah diciptakan sejak tahun 1950 oleh Profesor Walter pauk dari Cornell University. Metode ini ditunjukkan untuk menulis mengatur dan menggunakan catatan yang berisi materi atau serangkaian informasi baru.

source: pinterest

Membuat tiga bagian pada selembar kertas

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat catatan Cornell adalah dengan membuat garis menjadi tiga bagian. Pertama buat garis horizontal dengan jarak 5 atau 6 baris dari bagian bawah. Usahakan untuk membuat garis dengan tebal agar terlihat. Kemudian ubat garis vertikal dengan panjang sekitar 5 cm dari bagian kiri. Dari sini harus memanjang dan garis horizontal sampai bagian atas kertas.

Membuat kolom terbesar untuk mencatat

Nah, kalau kamu ingin efektif mencatat dengan metode Cornell cobalah gunakan untuk mencatat kalimat-kalimat yang ringkas. Kamu bisa mengimprovisasi kalimat-kalimat yang panjang menjadi kalimat ringkas dengan kalimat yang kamu mengerti dengan mudah. Kamu juga bisa membuat mind map di kolom supaya lebih pendek.

Gunakan kolom kecil untuk mencatat kata kunci

Pada bagian kolom kecil kamu bisa menuliskan kata-kata kunci pada materi yang sedang kamu pelajari. Misalnya kamu sedang mempelajari bahasa Indonesia tentang paragraf. Kamu bisa tuliskan kata kunci dengan kata-kata deskripsi, dedukti, induktif dan dan naratif dan lain sebagainya.

Gunakan kolom paling bawah untuk menulis kesimpulan

Menariknya dari metode Cornell adalah kita harus mereview atau mengulas materi yang sudah kita pelajari dengan menggunakan kolom terbawah untuk menulis kesimpulan-kesimpulan. Bisa berupa inti materi jadi kamu bisa gunakan untuk menyimpulkan hal-hal yang sudah kamu catat di kolom catatan dan kolom kata kunci.

Nah, kamu sudah mengenal teknik mencatat Cornell yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah kamu belajar secara efektif. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Ini Penyebab Sering Lupa Tanpa Kamu Sadari

Gaya Belajar : Mengenal Teknik Feynman

Manajemen Waktu dengan Teknik Pomodoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.