Gaya Belajar : Mengenal Teknik SQ3R

oleh -92 views
Processed with VSCOcam with hb1 preset

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setelah kemarin membahas gaya belajar teknik feynman dan teknik podomoro. Kali ini kita akan mengenal teknik SQ3R, karena setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Kamu bisa mencari tahu dan mencoba sampai menemukan gaya belajar yang efektif buat kamu salah satunya teknik SQ3R. (tika)

Sebelum itu kita bahas terlebih dahulu, apa itu teknik SQ3R? Teknik SQ3R adalah suatu metode belajar yang sistematik dan bersifat praktik. SQ3R adalah singkatan dari survey, question, read, recite/recall dan review. Prinsip teknik ini adalah membantu para pembaca menjadi pembaca aktif dengan melakukan pencatatan pengulangan dan ringkasan isi bacaan.

Langkah-langkah

Survei

Langkah pertama yaitu survei dengan membaca singkat seluruh buku organisasi buku. Kamu bisa mulai membaca daftar isi, membaca kata pengantar dan melihat isi bab secara sekilas. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kesan menarik dari sebuah buku.

Question

Selanjutnya kamu melakukan question yaitu dengan membuat pertanyaan seperti dari judul topik atau topik. Tujuan ini agar kamu lebih mengetahui setiap detail dari bacaan.

Read

Selanjutnya tahap read atau membaca. Kamu bisa menjawab pertanyaan sebelumnya dengan membaca ide utama dari setiap paragraf. Mulai dari mencari jawaban dari pertanyaan sebelumnya, membaca ulang petunjuk gambar, grafik, kalimat,mengurangi kecepatan membaca dan membuat kata kunci dari setiap bagian.

Recall/recite

Selanjutnya kamu ke tahap recall/recite. Tahap ini kamu sudah selesai membaca dan menjawab pertanyaan, kemudian kamu akan menulis kembali dengan kalimat kamu sendiri sesuai dengan informasi yang sudah kamu dapatkan.

Review

Review atau ulasan adalah setelah tahap keseluruhan tadi kamu membaca bagian-bagian penting pada teks yang telah dibaca. Hal ini bertujuan agar kamu lebih memahami isi dari teks atau cerita tersebut.

Nah, kamu sudah mengenal teknik SQ3R yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam belajar online, dalam membaca buku dan mengolah informasi penting lainnya.

Baca juga:

Gaya Belajar : Mengenal Teknik Mencatat Cornell

Kenalan dengan Jurusan Astronomi dan Prospeknya

Rekomendasi Aplikasi Mengelola Keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.