Ini Jenis Beras yang Ada di Indonesia

oleh -133 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Indonesia banyak sekali jenis beras mulai dari yang sering kita lihat itu berwarna putih. Ada juga beras yang berwarna coklat, merah, bahkan berwarna hitam. Oleh karena itu yuk kita bahas apa saja jenis beras yang ada di Indonesia. (tika)

1. Beras putih

Beras putih adalah salah satu beras yang paling populer di Indonesia daripada beras jenis lain. Warnanya yang cerah karena padi yang sudah di hilangkan dari sekam bekatul dan benih lainnya. Proses tersebut mengubah rasa tekstur dan tampilan yang membuat beras putih lebih tahan lama daripada beras jenis lainnya. Beras putih setelah di masak juga memiliki rasa yang pulen dan enak. Beras putih di Indonesia memiliki beberapa jenis lagi ada pandanwangi, rojolele, mentik wangi, beras C4 dan beureum sengit yang langka.

2. Beras merah

Selanjutnya ada jenis beras yang berwarna merah. Warna merah ini berasal dari kandungan antosianin. Beras merah memiliki rasa yang khas yaitu seperti kacang. Beras merah mengandung serat yang tinggi dan gizi yang cocok kamu konsumsi saat sedang diet. Selain itu, beras merah memiliki karakteristik yang lebih cepat busuk dan memiliki tekstur yang lebih pera daripada beras putih.

3. Beras cokelat

Beras coklat yaitu beras yang di hilangkan sekamnya, namun tidak di proses sepanjang beras putih. Maka dari itu teksturnya kasar dan memiliki warna yang coklat kusam. Cara proses memasaknya agak lebih lama dibandingkan beras putih hasil yang di hasilkan. Beras coklat memiliki karakteristik yang mudah busuk apabila disimpan dengan kurang tepat. Perlu kamu ketahui, beras coklat mengandung sumber magnesium, fosfor, selenium, thiamine, niasin, vitamin b6, mangan dan serat yang baik.

4. Beras hitam

Beras hitam tidak sama dengan beras ketan hitam ya teman. Warna beras hitam yang hitam pekat dan berubah warna menjadi ungu ketika di masak. Warna ungu gelap ini berasal dari kandungan antosianin yang paling banyak daripada beras jenis lain. Kandungan antosianin dalam sekam beras hitam ini adalah salah satu yang tertinggi yang pernah di temukan di dalam makanan. Kandungan beras hitam juga tidak kalah banyak lho ada sumber zat besi, vitamin E, dan antioksidan.

5. Beras ketan

Selanjutnya ada beras ketan yang yang memiliki kandungan amilopektin yang tinggi dan rendah amilose. Sehingga cirinya adalah berwarna tidak transparan dan lengket saat setelah di masak. Beras ketan seringkali di gunakan sebagai campuran beras putih saat membuat sushi sebagai pengganti beras Jepang. Di Indonesia beras ketan seringkali di olah menjadi makanan tradisional. Ada dua variasi beras ketan yaitu beras ketan putih dan beras ketan hitam yang juga di olah menjadi bubur manis atau tapai.

Nah itulah jenis beras yang ada di Indonesia yang perlu kamu ketahui. Mana jenis beras yang penasaran untuk kamu coba?

Baca juga:

Rekomedasi Suplemen Untuk Daya Tahan Tubuh

Jus Buah yang Dapat Mencerahkan Wajah

Rekomendasi Snacks Rendah Kalori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *