Ini Manfaat Tempe yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -81 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasti kamu tidak asing dengan makanan yang satu ini ya, tempe. Tempe adalah makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Tempe adalah salah satu makanan yang sering ada di menu makanan orang Indonesia karena selain memiliki harga yang murah, tempe juga memiliki kandungan gizi yang banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat tempe yang perlu kamu ketahui. (Tika)

1. Menurunkan risiko osteoporosis

Manfaat tempe yang pertama adalah dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis. Hal ini karena tempe mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Asupan kalsium dan fosfor juga dapat mencegah osteoporosis pada wanita menopause.

Melansir dari hellosehat, sebuah peneliti asal Kuala Lumpur dalam International Journal of Food Science and Nutrition mengatakan bahwa hal menakjubkan dari kandungan kalsium pada tempe. Ia mengatakan bahwa penyerapan kalsium dari tempe tidak berbeda jauh dengan susu sapi. Satu gelas susu sapi setara dengan 4 potong tempe. Oleh karena itu, kamu bisa mengganti segelas susu dengan mengonsumsi tempe.

2. Memperbaiki sel tubuh yang rusak

Selanjutnya tempe terkenal dengan kandungan protein yang banyak. Protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ini dapat menurunkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung dan menjaga berat badan.  Protein membantu kamu membangun dan memperbaiki jaringan atau sel tubuh yang rusak. Kadar protein yang larut dalam air juga bisa mengaktifkan enzim proteolitik yang dapat berfungsi pembelahan sel, pembekuan darah, sistem kekebalan tubuh dan fungsi vital lainnya.

3. Menurunkan berat badan

Tempe juga dapat membantu kamu menurunkan berat badan terutama untuk kamu yang sedang menjalani diet tinggi protein. Melansir hellosehatada sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition yang menunjukkan diet tinggi protein berbasis kedelai memiliki efektivitas yang sama seperti pada daging atau produk hewani lainnya. Ada juga penelitian yang mengatakan diet tinggi protein dapat merangsang thermogenesis, yang dapat membuat tubuh membakar lemak lebih banyak kalori setelah makan. Oh iya tempe, juga bisa menjadi makanan pendamping ASI (MPASI).

4. Mencegah anemia

Tahukah kamu kalau dalam 100 gram tempe terdapat 1,7 mg vitamin B12 yang menjadikan tempe satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari tumbuhan.  Vitamin B12 ini dapat membantu memproduksi sel darah merah. Oleh karena itu, mengapa tempe dapat mencegah anemia. Kekurangan vitamin B12 pada tubuh dapat menimbulkan gejala seperti lemas, pusing, kulit pucat, lelah, mood labil dan keseimbangan tubuh menurun.

Nah, itulah manfaat tempe yang perlu kamu ketahui. Oleh karena itu jangan lewatkan untuk mengonsumsi tempe setiap hari ya.

Baca juga:

Kebiasaan Pagi yang Baik Untuk Kesehatan Mental

Rekomendasi Face Oil Brand Lokal

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.