Ini Pantai Unik yang Bercahaya pada Malam Hari

oleh -332 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu suka berlibur ke pantai? Seperti berjemur, berenang, atau bermain membangun istana pasir. Pantai memang sering dijadikan tempat untuk refreshing dari penatnya aktivitas sehari-hari. Namun tahukah kamu ada pantai yang yang dapat bercahaya pada malam hari. Oleh karena itu yuk langsung saja kita bahas apa saja pantai unik yang bercahaya pada malam hari. (tika)

Sebelum kita bahas lokasi pantainya kita bahas dulu apa penyebabnya. Penyebab air laut bisa bercahaya itu karena bioluminesensi. Bioluminesensi ini adalah fenomena biologis karena adanya makhluk hidup tertentu yang tubuhnya bisa mengeluarkan cahaya seperti jamur, flagellata dan plankton sehingga membuat laut tersebut bercahaya.

1. Pantai Pulau Vaadhoo, Maldives

source: pinterest

Pantai pertama yang dapat bercahaya di malam hari yang sangat cantik ketika kita melihatnya adalah pantai pulau Vaadhoo di Maldives. Penyebab pantai ini menjadi cantik bercahaya adalah karena organisme laut yang disebut Ostracod Crustacean atau phytoplankton. Uniknya ketika kita menginjak pasir atau organisme tersebut maka mereka akan menempel di kaki atau alas kaki kita sehingga kita akan meninggalkan jejak kaki yang bercahaya.

2. Pantai Pulau Tasmania, Australia

source: pinterest

Selanjutnya ada pantai bercahaya di Pulau Tasmania, Australia. Lokasi ini tepatnya di Kota Hobart, ibukota negara bagian Hobart.  Pantai ini pada malam hari mengeluarkan cahaya kebiruan cahaya ini berasal dari kumpulan organisme bernama Noctiluca scintillans. Apakah kamu tertarik mengunjungi pantai yang satu ini?

3. Teluk Toyama, Jepang

source: pinterest

Teluk Toyama adalah perairan yang terletak di Pulau Honshu, Jepang. Uniknya fenomena ini bukan di sebabkan oleh fitoplankton atau organisme kecil lainnya. Namun fenomena ini di sebabkan oleh sejenis cumi-cumi yang bernama Watasenia scintillans yang dapat mengeluarkan hasil cahaya biru yang menawan. Cumi-cumi ini umumnya hidup di kedalaman 300 meter. Namun pada waktu tertentu mereka tersebut terdorong sampai ke bibir pantai yang menyebabkan warna laut tersebut bercahaya berwarna biru neon. Kamu bisa menyaksikannya pada bulan Maret hingga Juni.

4. Teluk Mosquito, Puerto Rico

source: pinterest

Selanjutnya ada Teluk Mosquito di Puerto Rico yang sangat indah bukan hanya pada siang hari, malam hari juga memiliki pemandangan yang luar biasa seperti taburan bintang di langit. Hal ini karena adanya bioluminesensi dengan dinoflagellata sebanyak lebih dari 700 ribu yang menerangi di malam hari. Wisatawan juga boleh lho berenang diantara cahaya biru terang tersebut.

Nah, itulah pantai unik yang bercahaya di malam hari. Apakah kamu tertarik mengunjunginya?

Baca juga:

Taman Bunga Terindah di Dunia, Sudah Tahu?

Urutan Toner Eksfoliasi Untuk Pemula

Ini Kesalahan Menggunakan Clay Mask

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.