Jawn Henry, Lokomotif Uap Dengan Desain yang Unik

oleh -86 views
Source: Du Pont

ZETIZEN RADAR CIREBON – Union Pacific bukan satu-satunya perusahaan kereta api yang bereksperimen dengan lokomotif-lokomotif raksasa. Pada 1954, Baldwin Locomotive Works membangun lokomotif raksasa bertenaga 4.500 tenaga kuda untuk Norfolk and Western Railway. Lokomotif tersebut bernama Jawn Henry. (Zhorif)

Source: american-rails.com

Jawn Henry, juga di kenal sebagai Norfolk and Western Railway 2300, adalah lokomotif steam turbine-electric locomotive milik Norfolk and Western Railway. Yang di rancang untuk menunjukkan keunggulan steam turbine. Lokomotif yang merupakan unit satu-satunya yang di bangun ini mengambil namanya dari John Henry.

Baca juga: DDA40X Centennial, Kereta Api Diesel Terbesar di Dunia

Source: The Portal to Texas History

Setelah pengenalan lokomotif diesel-listrik revolusioner yang di bangun Electro-Motive pada tahun 1939. Lokomotif tersebut jelas membuktikan bahwa lokomotif diesel akan mengalahkan lokomotif uap. Walaupun begitu, Norfolk and Western masih ingin menggunakan lokomotif uap. Dan mencari cara untuk membuat steam turbine sebagai pesaing diesel.

Source: Roy F. Wake

Norfolk & Western memutuskan untuk menguji steam turbine mereka pada tahun 1954. Mereka menggabungkan generator listrik dengan boiler uap, dengan cara kerja menyerupai Union Pacific Gas Turbine. Setelah selesai di bangun, mereka berharap agar Jawn Henry dapat menghasilkan tenaga, traksi, dan penghematan bahan bakar yang lebih superior daripada lokomotif uap atau diesel. Namun sayangnya, realitanya tidak sesuai dengan yang di harapkan.

Baca juga: Union Pacific Gas Turbine, Kereta Api Gas Turbine Terbesar di Dunia

Source: LeRoy A. Scott

Berbagai masalah mulai dari biaya perawatan, kontrol yang rumit, dan masih banyak lainnya mulai berdatangan. Dan Norfolk & Western mulai menerima realita bahwa Jawn Henry dan steam turbine pada umumnya terlalu rumit dan tidak dapat di andalkan untuk bersaing secara efektif dengan diesel yang efisien. Jawn Henry akhirnya di rongsok pada tahun 1958. Sehingga yang ada saat ini hanyalah dokumentasi dan memori dari lokomotif yang berjuang dengan susah payah dan akhirnya gagal melanjutkan era uap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.