Jenis-Jenis Teh yang Ada Di Indonesia (Bagian 2)

oleh -134 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Selain mengonsumsi kopi, teh menjadi alternatif yang biasa kamu konsumsi pada pagi hari. Ada banyak jenis-jenis teh yang ada di Indonesia dan memiliki cita rasa dan manfaat yang berbeda beda. Ada penelitian juga yang mengatakan bahwa teh lebih menyehatkan dibandingkan kopi karena kandungan kafein lebih rendah untuk itu mari kita bahas jenis-jenis teh yang ada di Indonesia. (tika)

1. Teh merah

Teh merah adalah teh unik berasal dari Jawa Barat yaitu Gunung Halimu. Minuman ini menggunakan daun teh hitam yang melalui proses oksidasi untuk mengurangi rasa pahit dari teh. Aromanya yang sangat harum juga dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

2. Teh gurah

Selanjutnya ada teh gurah yaitu teh khas Indonesia yang berasal dari Gunung Kerinci. Teh gurah merupakan perpaduan antara teh hitam dari pegunungan Kerinci dan daun srigunggu serat yang berasal dari giriloyo Yogyakarta. Teh herbal ini memiliki manfaat yaitu mengangkat kandungan, asam urat dan asam histamin meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengendalikan nafsu makan.

3. Teh Kayu Aro

Teh Kayu Aro adalah teh Indonesia yang terkenal hingga mendunia dan menjadi minuman kalangan bangsawan. Minuman ini diproduksi di perkebunan kayu aro yang terletak di kaki Gunung Kerinci Jambi. Keistimewaan teh kayu aro ada pada rasa dan aromanya nya yang berwarna kemerahan dan sangat jernih minuman ini diklaim sebagai minuman untuk mencegah osteoporosis.

4. Teh daun salam

Teh daun salam adalah teh herbal yang terbuat dari daun salam kemudian di rebus dan di minum sebagai teh. Minuman teh daun salam tidak terjual bebas namun kamu bisa membuatnya sendiri. Banyak manfaat dari teh daun salam yaitu mengontrol kadar gula darah, menurunkan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular dan meredakan batuk dan sakit.

5. Teh daun jati

Selanjutnya ada teh daun jati yang berasal dari rebusan tanaman jati yang sudah di keringkan. Manfaat dari teh daun jati dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan zat fenosida yang memberikan efek pencahar. Selain itu teh daun jati juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit namun tidak di sarankan untuk mengonsumsi secara jangka panjang karena dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Nah, itulah jenis-jenis teh yang ada di Indonesia yang bisa kamu konsumsi untuk mencicipi rasanya.

Baca juga:

Fakta Unik dan Cara Membuat Croffle, Sudah Coba?

Manfaat Es Batu Untuk Kecantikan

5 Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.