Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia (Bagian 1)

oleh -118 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memilih jurusan memang gampang-gampang susah ya. Meskipun di Indonesia memiliki banyak pilihan jurusan dari berbagai universitas, namun peminatnya juga banyak. Tahukah kamu kalau ada jurusan yang langka dan hanya ada satu di Indonesia. Walaupun langka namun bukan berarti tidak memiliki prospek karir yang bagus ya, karena walaupun hanya sedikit jurusan ini juga memiliki kesempatan kerja yang besar. Berikut ini jurusan kuliah yang hanya ada di Indonesia. (Tika)

1. Astronomi – ITB

Jurusan langka yang hanya ada di Indonesia adalah jurusan astronomi yang ada di Institut Teknologi Bandung. Peminat jurusan ini juga banyak lho. Pada program studi ini kamu akan mempelajari tentang benda-benda langit dengan menitikberatkan kepada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, sifat fisik evolusi alam semesta dan isinya. Serta kosmologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang struktur dan sejarah alam semesta.

2. Teknik Nuklir – UGM

Selanjutnya ada jurusan teknik nuklir yang ada di Universitas Gadjah Mada. Nuklir bukan hanya berguna untuk senjata saja, ilmu nuklir juga bisa berguna sebagai sumber energi.  Untuk kamu yang yang sangat suka belajar dengan fisika dan matematika kamu bisa mempertimbangkan jurusan yang satu ini.

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen – IPB

Ada juga jurusan ilmu keluarga dan konsumen yang berada di Institut Pertanian Bogor. Jurusan ini mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan keluarga. Pada jurusan ini juga kamu akan belajar bagaimana upaya upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak hingga pemberdayaan keluarga serta konsumen. Apakah kamu tertarik dengan jurusan ini?

4. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan – UNAIR

Selanjutnya ada jurusan langka dan sekaligus unik jurusan ini yaitu teknik robotika dan kecerdasan buatan yang berada di Universitas Airlangga. Jurusan ini mempelajari seluk beluk tentang robot dan kecerdasan buatan atau artificial intelligen. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari konsep hingga membuat robot seperti SIRI, Alexa atau Cortana.

5. Sains Atmosfer dan Keplanetan – Itera

Berbeda dengan jurusan astronomi, jurusan sains atmosfer dan keplanetan adalah ilmu bagian astronomi yang mempelajari lebih spesifik lagi. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di bumi. Serta kamu akan belajar tentang interaksi antara matahari dan planet-planet di tata surya. Jurusan ini berada di Institut Teknologi Sumatera.

Nah, itulah jurusan kuliah yang hanya ada di Indonesia. Apakah kamu tertarik dengan salah satu jurusan tersebut?

Baca juga:

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

Gaya Belajar : Mengenal Teknik Mencatat Cornell

Kenalan dengan Jurusan Astronomi dan Prospeknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.