Kebiasaan Pagi yang Baik Untuk Kesehatan Mental

oleh -72 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memiliki kebiasaan pagi yang baik bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan jasmani. Namun juga bisa membantu untuk kesehatan mental. Apalagi untuk kamu yang menghadapi gangguan kecemasan. Memiliki kebiasaan pagi yang baik akan membuat kamu menjadi lebih bahagia. Oleh karena itu mari kita bahas kebiasaan pagi yang baik untuk kesehatan mental. (tika)

1. Merapikan tempat tidur

Hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah bangun tidur untuk membangun mood yang lebih baik adalah dengan merapikan tempat tidur. Banyak orang yang sering melewatkan kebiasaan yang satu ini padahal kebiasaan merapikan tempat tidur berkolerasi positif dengan tidur yang lebih nyenyak dan suasana hati yang lebih bahagia. Cobalah untuk rutin setiap pagi untuk merapikan tempat tidur yang membuat kamu merasa lebih ringan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

2. Minum air putih

Selanjutnya minum air putih juga bisa menjadi rutinitas baik yang dapat membantu kesehatan mental. elansir dari halodoc, ada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Reviews,  dehidrasi dapat berdampak negatif pada fungsi kognitif.  Akhirnya orang yang bangun dalam kondisi dehidrasi di pagi hari akan berkaitan dengan kelelahan dan suasana hati yang buruk. Dengan minum air putih yang cukup pada pagi hari dapat memberikan energi positif pada diri sendiri untuk mengatasi gejala yang menyertai banyak kesehatan mental.

3. Berolahraga

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik di pagi hari juga adalah salah satu kebiasaan yang baik yang dapat membangun energi positif pada pagi hari. Dengan adanya energi positif dan berolahraga juga dapat meningkatkan suasana hati yang baik dan mengurangi gejala gangguan kecemasan. Aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan tidak harus berat dan dalam waktu yang lama. Namun kamu bisa melakukan peregangan ringan yang dapat melancarkan aliran darah karena olahraga akan melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan kecemasan.

4. Sarapan sehat

Orang-orang juga seringkali melewatkan sarapan yang dapat membuat suasana hati menjadi kurang baik. Nah sebaiknya sebelum mengawali hari kamu dianjurkan sarapan dengan makanan yang sehat. Terutama mengandung karbohidrat kompleks, lemak dan protein. Dengan sarapan kamu juga bisa meningkatkan suasana hati dan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Ada penelitian pada International Journal of Food Science and Nutrition yang mengatakan bahwa mereka yang sarapan setiap hari tidak mengalami depresi dibandingkan kelompok kontrol yang tidak sarapan setiap hari. Studi lain juga menemukan adanya hubungan antara mengkonsumsi rutin sarapan sereal dapat menurunkan kadar kortisol.

5. Menjauhkan gadget

Pada waktu bangun tidur sebaiknya jauhkan terlebih dahulu gadget dari pandangan. Hal ini karena gadget dapat mendiktraksi dan dengan mudah menyebabkan perilaku kompulsif yang dapat mengganggu kesehatan mental. Penelitian juga mengatakan bahwa adanya penggunaan smartphone dapat meningkatkan kecemasan dan depresi. Jadi pada pagi hari sebaiknya kamu hindari dan kurangin penggunaan smartphone ya. Dengan menghindari hal-hal tersebut kamu akan terlindungi dari informasi tentang berita, politik atau drama yang seringkali menyebabkan mood kamu menjadi buruk.

Nah, itulah kebiasaan pagi yang baik untuk kesehatan mental yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

Baca juga:

Rekomendasi Serum Dengan Kandungan Gold

Manfaat Arang Aktif Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Kebiasaan Sepele yang Bikin Boros

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.