Kenalan dengan Jurusan Astronomi dan Prospeknya

oleh -94 views
source: infoastronomy.org

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hayo siapa di sini yang sudah naik menjadi kelas 12? Tidak sedikit orang yang sudah mempersiapkan masuk kuliah dari jauh hari mulai dari pilihan jurusan, universitas dan persiapan masuk ujiannya. Namun, untuk yang masih bingung siapa tahu kamu tertarik untuk jurusan astronomi. Yuk kali ini kita kenalan dengan jurusan astronomi dan prospeknya akan seperti apa. (Tika)

Sebelum itu yuk kita kenalan dulu dengan jurusan astronomi. Jurusan Astronomi adalah jurusan yang mempelajari aspek fisika, biologi, kimia dan evolusi yang berhubungan dengan bintang planet dan benda-benda luar angkasa lainnya. Di Indonesia jurusan astronomi hanya ada di Institut Teknologi Bandung  (ITB) yang berada di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). FMIPA ITB juga menyediakan jurusan astronomi dari jenjang S1, S2 hingga S3. Prodi astronomi di ITB ini hanya satu-satunya di Asia Tenggara lho.

Bagi kamu yang kagum dan senang mempelajari tentang perkembangan teknologi dan kegiatan eksplorasi luar angkasa jurusan ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu. Nah di jurusan ini banyak mempelajari tentang fisika dan matematika.

Prospek kerja

Prospek kerja di jurusan astronomi juga cukup luas lho. Berikut ini prospek kerja lulusan astronomi.

  1. Bidang penelitian
    Negara-negara di Asia Tenggara masih memerlukan tenaga peneliti antariksa dan benda-benda langit. Jadi lulusan astronomi ini bisa bekerja di LAPAN, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) bahkan NASA (the National Aeronautics and Space Administration)
  2. Bidang pengajaran
    Lulusan astronomi juga bisa menjadi tenaga pengajar atau dosen yang bisa memberi kesempatan untuk terus belajar dan meneliti tentang ilmu astronomi.
  3. Media
    Kamu juga bisa menjadi penulis pada jurnal sains majalah atau media elektronik yang menyampaikan berita astronomi dan memaparkan konsep-konsep sains.
  4. Menjadi programmer
    Ternyata lulusan astronomi juga bisa menjadi seorang programmer atau pengembang perangkat lunak.
  5. Pegawai Negeri Sipil
    Untuk kamu yang tetap ingin menjadi seorang PNS kamu juga bisa lho untuk menjadi PNS dari jurusan astronomi.

Nah, kamu tadi sudah mengenal jurusan astronomi dan prospeknya setelah lulus. Apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan astronomi?

Baca juga:

Manajemen Waktu dengan Teknik Pomodoro

Rekomendasi Buku Bahasa Inggris Ala Fardi Yandi

Rekomendasi Aplikasi Mengelola Keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.